Sejak akhir April hingga awal Juli 2021 delapan tim ini telah bergerak melakukan pembinaan sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing. Mereka bekerjasama dengan pustakawan/ pengelola perpustakaan di kabupaten/kota.

Kegiatan pembinaan langsung ke lapangan yang dilakukan para pustakawan dengan menggunakan anggaran swadana dari masing-masing pustakawan ini, sempat terhenti karena aturan PPKM akibat wabah pandemi covid-19.

Ketika pandemi covid 19 mulai meredah, Awal Oktober 2021 ini Kepala DPK Sulsel Moh. Hasan Sijaya, SH, MH meminta kepada para pustakawan untuk kembali melakukan kegiatan pembinaan perpustakaan di kabupaten/kota hingga ke desa-desa sesuai dengan wilayah penugasannya masing-masing.

Sebelum kembali melakukan tugas pembinaan di lapangan, para pustakawan DPK Sulsel, Rabu (13/10/2021) kembali berkumpul di lantai dua Gedung Perpustakaan Multimedia untuk melakukan rapat terkait dengan evaluasi kegiatan pendataan dan pembinaan perpustakaan yang dilakukan para pustakawan DPK Sulsel di sejumlah kabupaten/kota beberapa bulan lalu.

Selain itu, beberapa permasalahan lain terkait dengan dinamika yang dialami para pustakawan DPK Sulsel juga dibahas dalam pertemuan ini.

Rapat yang dipimpin Pustakawan Utama DPK Sulsel Nasyida, S.Sos, M.Ap di dampingi Koordinator Pustakawan Sulsel Syamsul Arif, S.Sos, M.A dan para koordinator tim ini, telah menghasilkan beberapa masukan dan rekomendasi yang nantinya akan disampaikan kepada kepala dinas, untuk semakin memantapkan gerakan para pustakawan dalam mengawal Program Mencerdaskan Anak Bangsa dari Desa di Sulawesi Selatan. *