TANAH BUMBU – Hamparan kawasan seluas 730 hektare di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang dulu tak dipandang sebelah mata, kini bagai ‘disulap’ menjadi kawasan yang menyimpan demikian banyak harapan, bukan hanya untuk kesejahteraan masyakat lokal kabupaten Tanah Bumbu dan masyarakat Kalsel saja, namun juga bagi rakyat Indonesia dan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Mampu Sejahterakan, DPRD Konut Komitmen Dukung Penuh PT Tiran

Betapa tidak, kini di atas hamparan tersebut berdiri sebuah kawasan industri yang dirintis oleh kerja keras seorang pengusaha asli pribumi, H Samsudin Andi Arsyad atau karib disapa H. Isam.

 

Di bawah bendera perusahaan PT. Jhonlin Group, kawasan industri ini telah dibangun 12 industri yang sebagian sudah selesai dan sebagiannya lagi sementara dalam proses pembangunan.

 

Adapun industri yang dibangun di kawasan tersebut adalah Pabrik Biodiesel, Pabrik Minyak Goreng (Agustus 2022), Pabrik Smelter (4 unit) selesai 2023 dengan added value 72 kali lipat, Pelabuhan Nickel Ore, Pabrik Plastik & Kemasan, Pelabuhan Petikemas, Pelabuhan Liquid & Penunjang, Pelabuhan Batubara dan Pabrik Plywood & Bio Massa, Water Treatment Plant, Power Plant serta Kawasan Pergudangan, Perkantoran & Perumahan.

 

Berangkat dari Sebuah Visi

 

Keberadaan kawasan industri PT. Jhonlin Group milik H. Isam ini dibangun bukan hanya berhenti pada sebuah nilai-nilai standar sebuah usaha yang hanya memburu profit semata. Di balik pembangunan ini, ada nilai nasionalisme yang menjulang, rasa kecintaan besar pada kemandirian bangsa dan greget semangat filantropi demi sesama kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara.

 

Dikatakan demikian, karena dibalik pembangunan kawasan industri ini mencuat sebuah visi besar. Seluruh terobosan tersebut merupakan manifestasi gagasan besar kemandirian bangsa dan mewujudkan cita-cita besar Presiden Jokowi dalam membangun dari desa/pinggiran, menciptakan lapangan kerja dan mendorong program hilirisasi industry yang memberikan added value dan juga pada gilirannya mewujudkan Indonesia maju.