Sebagaimana diketahui, hingga kini PT Jhonlin Group telah mempekerjakan Tenaga Kerja Langsung 20.000 orang dan Tidak Langsung 40.000 orang dan realisasi investasi untuk usaha lainnya 18 Triliun dan khusus Kawasan industri 11 Triliun sehingga total investasi 29 Triliun.

 

Langkah Nyata Wujudkan Harapan Presiden Jokowi

 

Beberapa waktu yang lalu, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik smelter PT. Freeport di Gresik, Jawa Timur, Presiden Jokowi menekankan adanya semangat kemandirian bangsa dengan mendorong pembangunan hilirisasi industri.

 

Selama ini, Indonesia hanya dikenal sebagai negara pengekspor hasil bumi mentah. Padahal keuntungan besar mampu didapatkan dengan memberikan added value melalui pembangunan pabrik-pabrik pengolahan dan pengemasan.

 

Langkah nyata inilah yang ditunjukkan PT Jhonlin Group dengan membangun pabrik biodiesel di Tanah Bumbu Kalsel. Pabrik biodiesel ini dibangun sekitar 2 tahun dengan total investasi sebesar 2 Triliun dengan hasil produksi dengan kualitas B30 dan bisa dikembangkan menjadi B50. Yang membanggakan adalah Pabrik biodiesel merupakan pabrik terbesar pertama dan terbesar di Kawasan Timur Indonesia dengan kapasitas 1500 TPD.

 

Satu hal yang sangat patut diapresiasi dari semua langkah nyata dari H. Isam adalah keberanian ekstrem mempertaruhkan serta mendedikasikan diri untuk mewujudkan harapan Presiden Jokowi.

 

Di tengah musibah pandemi COVID 19 yang menjadikan perekonomian global dan nasional turun drastis serta angka pengangguran meningkat, H. Isam dengan bendera PT. Jhonlin Group mengambil resiko membangun pabrik biodiesel.

 

Bayang-bayang kemacetan memang menghantui, namun tak ada yang dapat mengalahkan sebuah tekad untuk memberi sumbangsih pada negeri, rakyat Indonesia dan harapan Presiden Jokowi tak menyurutkan langkah H. Isam. Tak mengherankan bila Andi Amran Sulaiman (mantan Menteri Pertanian RI) mengatakan, “Andaikan kita bisa mencetak manusia unggul seperti Bapak Andi Samsudin Arsyad, sebanyak 27 orang dengan investasi rata-rata 30 T per orang dari penduduk 270 juta jiwa maka target investasi pemerintah 810 Triliun dapat dicapai dalam waktu sekejap”.