JENEVA – Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) secara resmi menetapkan varian baru Corona B.1.1.529 yang berasal dari Afrika Selatan Omicron, sebagai virus mengkhawatirkan atau variant of concers (VOC), Jumat (26/11/2021).

Baca Juga : Kapolres Jakpus Marah Anggotanya Dikeroyok Oknum PP

Dalam klarifikasi AFP menempatkan, Omicron ke dalam kategori varian Covid-19 paling meresahkan, sama seperti varian Delta yang dominan secara global.

“Omicron merupakan kategori varian yang paling meresahkan, sama seperti varian Delta yang dominan secara global dibandingkan varian Alfa, Beta, dan Gamma yang jauh lebih lemah,” klarifikasi AFP, Sabtu (27/11/2021).

WHO memastikan, masih perlu beberapa minggu untuk menyelesaikan studi Omicron.

“Masih diperlukan beberapa minggu untuk menyelesaikan studi varian ini, tujuannya untuk melihat apakah ada perubahan dalam penularan. Selain itu, juga untuk menganalisis tingkat keparahan atau implikasi vaksin, tes, dan perawatan Covid-19,” ujar WHO.

Varian baru Omicron ini, pertama kali dilaporkan dari Afrika Selatan ke WHO pada Rabu (24/11), dengan infeksi terkonfirmasi diketahui berasal dari spesimen yang dikumpulkan pada 9 November lalu.

Baca Juga : Oknum PP Serang Polisi