RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Penanggung jawab Purchase Order (PO) dari Murni Jaya Depok, Arif, menjelaskan bahwa refund (Pengembalian dana) tiket bus tidak dapat dilakukan. Alasannya, sudah ada aturannya.

Menurutnya, hal ini sudah menjadi ketentuan perusahaan Pt. Murni Jaya. “Ini ada himbauannya ,” ujar Arif seraya menunjukan melalui telepon genggamnya di lokasi kerjannya, pada Rabu (24/4/2024).

Ia menganggap, himbauan itu seharusnya sudah diinformasikan kepada calon penumpang bus baik yang pesan melalui on line atau agen bus resmi PO Murni Jaya.

Jadi, Arif tidak dapat memberikan solusi apapun dalam hal refund tiket bus Murni Jaya. Paling tidak, waktu itu refund tiket tidak mendadak agar dicarikan pengganti calon penumpang lain. “Karena kemarin lebaran, kalau hari biasa mungkin bisa,” tuturnya.

Kendati demikian, Arif menyarankan bagi konsumen atau calon penumpang yang masih ingin komplain lebih lanjut tentang hal itu. “Silahkan, ke kantor Murni Jaya di Cakung,” ujarnya.

Berbeda dengan Didi selaku agen tiket bus Murni Jaya di terminal Jati jajar, Depo. Ia meminta maaf atas kejadian tersebut. “Memang dari pihak kita merasa salah, kalau mau diviralin gak apa,” ungkapnya.

Atas itu semua, Didi mengaku sebagai Agen bus bertanggung jawab dengan melakukan penggantian sebagian repund tiket bus tersebut.

Sebelumnya, Ridwan, calon penumpang PO bus Murni Jaya memesan tiket melalui Agen di terminal Jati Jajar, Depok. “Saya langsung trasfer Rp.570.000 ke pak Didi,” ungkapnya.

Selang berapa hari, Ridwan ingin refund tiket bus Murni Jaya tersebut, tetapi tidak dapat dilakukan. “H-1 lebaran, saya batalin tapi uang gak bisa balik,” terang Ridwan.