ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Enrekang terus gencar melakukan koordinasi dengan stakeholder.

Koordinasi tersebut dalam rangka mensosialisasikan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di lingkup KPU Kab. Enrekang.

Baca Juga : Bupati Enrekang: Tegakkan Aturan Mudik dan Prokes

Berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 172/HM.02-Kpt/06/III/2021, KPU Kabupaten/Kota berkewajiban membentuk Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) untuk meningkatkan peranan dan koordinasi antar lembaga/instansi terkait.

Bakohumas sendiri memiliki peran penting sebagai wadah penyambung informasi kepada masyarakat terkait tugas-tugas KPU dalam mengawal pelaksanaan agenda demokrasi, baik pada saat Pemilu maupun Pemilihan.

Sehingga untuk memaksimalkan peran Bakohumas tersebut, KPU Kab. Enrekang mengunjungi beberapa instansi diantaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Enrekang, Kodim 1419 Enrekang dan Camat Enrekang, Rabu (5/5/2021).

Menurut Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi dan SDM, Muhammad Yunus, kunjungan yang dilakukan dimaksudkan untuk mensosialisasikan Bakohumas yang ada di KPU Kab. Enrekang.

“Hari ini kami mengunjungi tiga instansi sekaligus yaitu Disdukcapil, Kodim 1419 Enrekang dan Camat Enrekang, tujuannya adalah memperkanalkan Bakohumas yang telah terbentuk di KPU Kab. Enrekang,” ucap Yunus.

Komisioner dan Sekretaris KPU Kab. Enrekang Koordinasi terkait Bakohumas dengan Camat Enrekang, Mahmuddin

Selain itu, kami juga menyampaikan agenda-agenda KPU yang sementara berjalan diantaranya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dan persiapan pencanangan Desa Peduli Pemuli dan Pemilihan (DP3), lanjutnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1419 Enrekang Letkol Inf. Utyu Samsul Komar mengatakan sangat mendukung keberadaan Bakohumas KPU Kab. Enrekang.

“Melalui Bakohumas ini, nantinya akan memudahkan kita untuk saling bertukar informasi baik yang sifatnya informasi umum maupun informasi yang sifatnya khusus. Apalagi nanti kalau sudah dekat waktu Pemilu dan Pemilihan tentu intensitas komunikasi akan semakin tinggi,” katanya.

Komisioner dan Sekretaris KPU Kab. Enrekang Koordinasi terkait Bakohumas dengan Komandan Kodim 1419 Enrekang, Utyu Samsul Komar

Dandim Utyu juga mengatakan akan menindaklanjuti permohonan KPU Kab. Enrekang terkait data anggota TNI yang akan memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) dan data anggota TNI yang baru.

Baca Juga : Gempa 3,8 Magnitudo Guncang Enrekang