YOGYAKARTA – Umumnya orang mengetahui oleh-oleh Yogyakarta yang terkenal hanya kue bakpia. Namun, tahukah anda, ternyata oleh-oleh kuliner Yogyakarta beragam loh. Banyak makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh kuliner bagi wisatawan atau keluarga anda sendiri saat berkunjung ke kota pelajar.

Baca Juga : 5 Makanan Buat Anda Tidak Awet Muda

1.Bakpia kukus

Bakpia kukus tersedia di Bakpia Kukus Tugu Jogja. Kue kukus ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan tersedia dalam berbagai varian isi, seperti coklat, kacang hijau, kacang merah, keju, stroberi, dan pandan. Anda dapat membeli di Tugu Jogja.

2. Gudeg kaleng

Makanan yang satu ini merupakan gudeg kaleng yang langsung dimakan dan dikemas kaleng. Namun, bagaimana jika ada gudeg kalengan yang memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama? Masa berlaku gudeg kaleng dapat mencapai satu tahun.

3. Keripik welut

Keripik Welut merupakan makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh dan bisa didapatkan di Sleman. Di sana, terdapat Pusat Kuliner Belut yang menjajakan makanan ini dengan harga kira-kira Rp 10.000,00 per kilogram. Selain keripik belut, terdapat pula olahan lain yang ditawarkan.

4. Jadah tempe tahu bacem

Jadah Tempe Mbah Carik adalah makanan khas Yogyakarta selanjutnya. Makanan ini hanya dijual di sekitar tempat wisata Kaliurang atau Jalan Kaliurang atas, di sekitar lereng Gunung Merapi. Jadah tempe terdiri dari olahan ketan, tempe, dan tahu bacem. Penjual olahan jadah tempe yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik. Mengutip Sastro Dinomo atau Mbah Carik memperkenalkan makanan ini pada tahun 1950-an.

5. Geplak

Geplak terbuat dari santan, parutan kelapa dan gula. Rasanya manis dan memiliki bermacam warna sesuai dengan rasa yang diinginkan, seperti nangka, durian, dan vanilla. Makanan ini mudah didapatkan di seluruh pusat oleh-oleh Yogyakarta.