Ekonomi – 8 cara sederhana dalam bangun relasi dengan pelanggan dalam mengembangkan bisnis berikut dapat diterapkan demi kemajuan dan pengembangan usaha Anda.

Baca Juga: 8 Teknologi Pintar Yang Wajib Anda Miliki di Rumah

8 cara sederhana bangun relasi dengan para pelanggan berikut dapat diterapkan dalam mengembangkan bisnis :

1. Kenali pelanggan Anda

Pahami kebutuhan pelanggan serta kembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat memperoleh wawasan tentang mereka dengan mempersonalisasi layanan dan mendorong mereka untuk memberi umpan balik.

2. Tawarkan layanan pelanggan yang luar biasa

Pastikan layanan pelanggan Anda luar biasa dan bekerja lebih keras. Mereka tidak hanya akan mengingat layanan hebat, mereka juga akan cenderung merujuk orang lain kepada Anda.

3. Memelihara pelanggan yang sudah ada dan mencari peluang baru

Memiliki strategi untuk memelihara pelanggan yang sudah ada, seperti tetap berhubungan dengan mereka melalui buletin elektronik atau memberi tahu mereka tentang acara promosi sebelumnya.

Pada saat yang sama, cari peluang untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan membangun basis para pelanggan. Pastikan Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara memelihara pelanggan dan menemukan pelanggan baru.

Jika Anda memiliki atau menjalankan bisnis Aborigin, Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda dengan memanfaatkan daftar gratis di Direktori Bisnis Aborigin Australia Barat (ABDWA). Semakin banyak organisasi Pemerintah Negara Bagian dan swasta yang ingin bekerja sama dengan bisnis Aborigin dan menggunakan direktori untuk mencari pemasok yang relevan.

4. Gunakan media sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis kepada pelanggan potensial dan mendapatkan wawasan berharga melalui ‘mendengarkan sosial’. Melalui social listening, kita dapat mengetahui apa yang pelanggan katakan tentang Anda, mendapatkan wawasan tentang perilaku mereka, mengidentifikasi kata kunci dan tren yang menarik bagi target pasar serta dengan demikian meningkatkan layanan mereka. Media sosial dapat membantu kita dalam membangun profil bisnis dan menarik pelanggan baru.

5. Menghadiri acara networking

Investasikan waktu untuk membangun Relasi, bukan apa yang diketahui tetapi siapa yang Anda kenal. Jaringan memungkinkan untuk membangun hubungan dengan orang lain dan mendorong mereka untuk merujuk pelanggan kepada Anda dari mulut ke mulut.

6. Tuan rumah acara

Menyelenggarakan acara Anda sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal para pelanggan dan membangun hubungan. Undang beberapa pelanggan terbaik serta dorong mereka untuk membawa teman-teman mereka.

7. Berikan kembali ke komunitas Anda

Membangun kesadaran merek di komunitas lokal adalah cara yang bagus untuk menarik bisnis baru. Pertimbangkan untuk mensponsori atau berpartisipasi dalam acara komunitas untuk meningkatkan profil bisnis Anda.

8. Ukur apa yang berhasil dan perbaiki pendekatan Anda saat Anda pergi

Anda harus memantau dari mana para pelanggan berasal untuk mengukur apakah kegiatan pemasaran berhasil atau tidak. Jangan takut untuk bereksperimen. Perbaiki pendekatan Anda jika ada sesuatu yang tidak berhasil dan fokuskan lebih banyak waktu pada aktivitas yang mencapai hasil terbaik.