MAKASSAR – Tiga desa di Sulawesi Selatan memberikan kado istimewa di akhir tahun 2021 melalui ajang Anugerah Desa Wisata 2021 dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Desa tersebut, yakni: Desa Wisata Lembang Nonongan, Kabupaten Toraja Utara sebagai Juara III Terbaik Desa Wisata Kategori Konten Kreatif; Desa Wisata Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja sebagai Juara V Desa Wisata Terbaik Kategori Souvenir; dan Desa Wisata Ara, Kabupaten Bulukumba sebagai Juara V Desa Wisata Berkembang.

Tiga Desa di Sulsel Raih Juara ADWI 2021.
Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Ikuti Virtual Hakordia 2021

Plt GUbernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan rasa syukur serta terima kasihnya kepada para pihak yang telah mau bekerja sama atas pencapaian juara dari ketiga desa tersebut.

“Alhamdulillah, kita bersyukur dan bangga karena tiga desa di Sulawesi Selatan mendapatkan gelar Anugerah Desa Wisata terbaik. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak,” kata Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (8/12/2021).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Selasa, (7/12/2021).

Diketahui dari 75 ribu desa di seluruh Indonesia yang mendaftar mengikuti ADWI ada 1.831 desa. Dengan seleksi ketat kemudian terpilih 50 desa yang kemudian Menparekraf melakukan visitasi dan tim mengunjungi desa tersebut secara langsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Prof Jufri menyampaikan, proses yang dilalui sangat panjang dan ketat, dari 300 dikerucutkan menjadi 100 dan kemudian 50 desa.

“Kita bersyukur, masuk kategori dua kategori. Yang pertama untuk konten kreatif dan souvenir termasuk kerajinan kriya. Sedangkan Desa Ara, Kabupaten Bulukumba, masuk dalam kategori baru yang ditambahkan yaitu, desa rintisan,” sebutnya.