Bagaimana dengan 35 ribu kartu jaminan kesehatan berupa KIS yang ditarik kembali oleh kemensos. Alimuddin mengatakan, pihaknya telah menerjunkan tim verifikasi lapangan ditingkat desa/kelurahan sesuai data discapil. 

Hanya saja, hingga saat ini 20 ribu kartu KIS itu belum selesai di verifikasi. “Kami terus melakukan upaya pencarian kepemilikan data tersebut. Namun, salah satu faktor penyebab lambatnya data rampung karena hanya 15 (lima belas) ribu diantaranya memiliki data dan dinyatakan ada (valid) dalam proses validasi yang dilakukan oleh dinas catatan sipil setempat. Jadi, sebanyak 20 ribu penerima lainnya yang tidak terdapat dalam daftar validasi discapil akan dilakukan verifikasi dilapangan dulu,” terangnya. 

Salah Data, Tanggung Jawab Siapa?

Dari surat pernyataan yang diterima pihak Dinas Sosial oleh BPJS Kesehatan No. 239/IX-01/0221, perihal perubahan data peserta PBI JK Tahun 2020 tahap kesebelas, memang terdapat data yang setelah divalidasi dinas catatan sipil setempat, ada yang tidak valid karena tidak terdapat dalam daftar induk administrasi. 

Data tersebut setelah dilakukan validasi tidak ditemukan bukti kependudukannya di wilayah pemerintah Kabupaten Gowa secara administrasi.  “Benar, ada data penerima KIS yang tidak terdaftar dalam dinas catatan sipil setelah dilakukan proses validasi, namun kami tetap melakukan koordinasi ke pemerintah desa/kelurahan untuk kebenaran data tersebut hingga saat ini,” kata Edy saat ditemui rakyat.news di ruang kerjanya, 8 Desember 2021.  

Edy sapaan akrabnya menuturkan terdapat sejumlah NIK yang tidak lengkap. “Ada yang angkanya tidak cukup. Seharusnya 16 digit tapi setelah dimasukkan untuk proses validasi, ternyata kurang. Jadi data yang dimasukkan tidak terbaca sistem,” ungkapnya.   

Itulah sebabnya, menurut Edy, diperlukan adanya kesesuaian data yang terekam dalam database capil setiap kali akan melakukan pendaftaran ataupun pendataan warga dalam pengajuan bantuan, agar tidak mengalami kesalahan yang bisa merugikan. Selain itu, ada juga yang memang tidak ditemukan petunjuk sama sekali atas data yang ada setelah dilakukan validasi.