JAKARTA – NASA resmi meluncurkan teleskop luar angkasa James Webb, Sabtu (26/12) waktu Amerika Serikat.

Dikutip dari akun twitter NASA, teleskop James Webb berhasil lepas landas dari European Spaceport di Guyana Prancis pada pukul 07.20 ET di atas roket Ariane 5.

Baca Juga : NASA Luncurkan JWST Menuju Luar Angkasa

“Pada pukul 07:20 ET (12:20 UTC), awal dekade baru sains yang menarik naik ke langit. Misi Webb ke #UnfoldTheUniverse akan mengubah pemahaman kita tentang ruang seperti yang kita kenal,” ujarnya.

Administrator NASA, Bill Nelson menyampaikan rasa terima kasihnya kepada tim internasional yang memungkinkan menjalankan misi peluncuran Hari Natal.

NASA Luncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb
Foto: Dokumen Istimewa.

“Ini adalah hari yang luar biasa bagi planet Bumi. Terima kasih kepada tim. Anda semua luar biasa. Selama tiga dekade, Anda menghasilkan teleskop yang sekarang akan membawa kita kembali ke awal alam semesta. Kita akan menemukan hal-hal luar biasa yang tidak pernah kita bayangkan,” kata Nelson tak lama setelah peluncuran.

Sementara Badan Antariksa Eropa menyebut peluncuran teleskop luar angkasa James Webb sebagai hadiah natal yang luar biasa untuk ilmuwan luar angkasa dan tim antariksa internasional.

Baca Juga : Jepang Ciptakan Layar TV yang dapat Cicipi Rasa Makanan

Pilihan Video