GOWA – Sekolah Dasar (SD) di kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa sukses menggelar ujian PAS (Pelaksanaan Akhir Semester) secara online khusus kelas 4, 5, 6 pekan lalu.

Ujian secara online ini baru kali pertama diadakan untuk kalangan SD kelas 4, 5, 6 di kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa. Langkah ini diambil karena dianggap mudah dan efektif.

Baca Juga : SD Negeri Pao-Pao Gowa Raih Adiwiyata Nasional 2021

Secara tidak langsung ini juga menjadi pembelajaran dan pengenalan IT kepada peserta didik secara dini. Sejalan dengan tuntutan di era digital sekarang ini yang perlahan tapi pasti menuju kepada pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dalam mengelola pendidikan secara umum dimulai dari tingkat dasar (SD).

Kepala Korwil Bidang Pendidikan H. Muh. Yaris S. Pd., M. Si, mengatakan tujuan ujian PAS online ini untuk menindak lanjuti sistem pembelajaran daring di masa pandemi saat ini dan sekaligus mengembangkan metode pembelajaran secara online.

Tahapan ini sebagai langkah awal bagi SDN dan SDI untuk mengoptimalkan penilaian kepada siswa-siswi Sekolah Dasar yang ada di kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa.

“Harapan kami kedepannya, semoga dengan ujian PAS online ini lebih optimal lagi dan dapat meningkatkan penilaian kepada para peserta didik, karena secara tidak langsung peserta didik ini bisa mengenali penggunaan IT,” kata Korwil Bidang Pendidikan kecamatan Somba Opu H. Muh. Yaris, (07/01/2022).

Sebelum pelaksanaan ujian PAS online dilakukan, terlebih dahulu tenaga pendidik melakukan sosialisasi kepada orang tua peserta didik. Hal tersebut disambut bahkan mendapat dukungan secara full dari orang tua peserta didik.

“Sebelum kami melakukan ujian PAS online, kami mengadakan sosialisasi kepada orang tua peserta didik dan kami mendapatkan respon dan dukungan. Ada kendala kecil yang kami alami ketika peserta ada yang tidak memiliki sarana dan prasarana tapi itu bisa di atasi oleh tenaga pendidik dan kependidikan,” ucap H. Muh. Yaris.