Luwu Utara, Rakyat News – Lomba Cipta Menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) yang berbasis sumber daya lokal untuk ajarkan Ibu rumah tangga (IRT) melalui Kelompok Wanita Tani (KWT), menciptkan makanan yang tidak bergantung pada makanan beras, tepung dan terigu sebagai bahan konsumsi keluarga.

Dalam lomba yang yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu Utara.

Sebanyak 12 Kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara yang berpartisipasi, setelah dinilai oleh dewan juri yang kemudian di menangkan oleh Kecamatan Masamba dari KWT Karre Indah, juara II KWT Seruni Kecamatan Tana Lili, dan juara III KWT Buangin Jaya Kecamatan Sabbang dan hadiah langsung diserahkan Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani.

Dalam lomba tersebut melalui penilaian sejumlah dewan juri yang membidangi, seperti perwakilan RSUD Andi Djemma Masamba, Dinas Ketahanan Pangan, TP PKK, Dharma Wanita, dan Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Luwu Utara.

” Sementara itu , Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan Ir Armiady M.Si menyampaikan bahwa sesuai prosedur pemenang akan direkomendasikan menjadi duta cipta menu untuk mewakili Luwu Utara pada lomba tingkat Provinsi mendatang.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga agar dapat mengetahui konsumsi menu makanan yang baik dengan beragam, bergizi dan seimbang serta aman (B2SA). Dalam meningkatkan kemampuan dan kreatifitas, ” ujar Armiady.

Kemudian, melalui kegiatan tersebut diharapkannya agar masyarakat dapat menciptakan makanan yang beragam tidak bergantung pada tepung, beras dan terigu serta sagu dan dapat memahami sumberdaya pangan yang ada di bumi Lamaranginang yang dapat meningkatkan pendapatan dan nilai tambah untuk masyarakat sendiri dan KWT.

Dalam kegiatan lomba tersebut di hadiri Bupati Luwu Utara Hj.Indah Putri Indriani, Ketua TP PKK, Enny Thahar, Asisten Ekonomi dan pembangunan Ir. Syamsul Syair, Kasat Binmas AKP Wake Andi Maming.(yustus)