Jakarta – SGB (Suntory Garuda Beverage) beberapa waktu lalu mengumumkan pemenang Proyek Mizu 2021 dari total 24 sekolah dasar dan 3.430 peserta dari enam daerah di seluruh Indonesia, Senin (24/1/2022).

Baca Juga : PT Vale Dukung Pengembangan Konservasi Danau Matano

Dari program lomba tersebut, Proyek Mizu menetapkan SDI PB Soedirman, Cijantung, Jakarta Selatan sebagai pemenang. Dengan menerapkan program panen air hujan (rainwater harvesting) yang berhasil mengkonservasi air sebanyak 900 liter selama 4 minggu masa observasi dan penilaian.

Chief Executive Officer & President Director Suntory Garuda Beverage, Ong Yuh Hwang, mengatakan, program ini memiliki tujuan untuk mengedukasi pelestarian air bersih dan lingkungan bagi anak sekolah dasar.

“Tujuan program Mizuiku di Indonesia selain edukasi pelestarian air bersih dan lingkungan, juga ingin memotivasi perubahan perilaku anak-anak usia sekolah dasar. Kami sangat bangga bahwa Proyek Mizu berhasil memicu ribuan anak dari ratusan sekolah yang berpartisipasi di Indonesia. Mereka berhasil menciptakan berbagai gagasan baru dalam upaya perlindungan sumber air bersih. Hal ini menjadi indikator keberhasilan program Mizuiku karena telah lahir siswa-siswi berprestasi yang membuktikan bahwa mereka bisa menjadi agen-agen perubahan pelestarian air bersih,” katanya.

Program tersebut mampu melahirkan inovasi anak sekolah dasar untuk menghemat air hingga 5.500 liter selama 4-5 minggu masa observasi.

“Terlebih lagi, inovasi anak-anak dari sekolah dasar pemenang tersebut telah berhasil menghemat air total lebih dari 5.500 liter (atau setara dengan konsumsi air minum harian untuk 2.500 orang dewasa) selama 4-5 minggu masa observasi dan penilaian oleh dewan juri. Sebagian besar sekolah peserta juga berkomitmen untuk terus mengoperasikan inovasi konservasi air mereka. Jadi bayangkan berapa banyak jumlah inovasi konservasi air yang dapat diwujudkan oleh anak-anak ini selama setahun, atau sepuluh tahun dan seterusnya,” tambahnya.