DPRD Makassar

2 Alasan DPR Anjurkan Booster Vaksin Merata Demi Waspadai Omicron

Anggota DPR Komisi I, Muhammad Farhan, (Sumber: Republika)
Anggota DPR Komisi I, Muhammad Farhan, (Sumber: Republika)

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan mendorong pemerintah untuk melakukan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat secara merata.

Baca Juga: Komisi II DPRD Jeneponto Sidak Pengecer Pupuk di Jeneponto, Ini Alasannya

Berikut 2 alasan DPR anjurkan booster vaksin secara merata:

1. Omicron muncul di negara yang rendah vaksinasi

Farhan mengatakan, kasus Omicron banyak terjadi di negara yang rendah vaksinasi salah satunya Afrika. oleh sebab itu, menurutnya, penting pemberian booster vaksin kepada semua lapisan masyarakat.

“Kita jangan lupa bahwa varian omicron muncul dari negara-negara di kawasan Afrika yang cakupan vaksinasinya rendah,” kata ujar Farhan, Jumat (28/1/2022).

“Oleh karena itu, proses booster harus dipercepat dan menyentuh semua kelompok masyarakat,” tambahnya.

2. Vaksin kunci pemulihan pandemic

Saat ini, Farhan mengutamakan e-tiket booster vaksin untuk anak usia 6-11 tahun di aplikasi PeduliLindungi. Ia juga menekankan pelaksanaan vaksin booster butuh pengawasan yang ketat dalam penerapan protokol kesehatan di lapangan.

Dalam pelaksanaannya, ia menggandeng tiga lembaga untuk bekerja secara maksimal memantau cadangan vaksin hingga daerah, yakni Bio Farma, Kementerian Kesehatan, dan Dinas Kesehatan di daerah.

“Maka kami sangat berharap ketiga badan ini menunjukkan performa tinggi dalam melaksanakan tugasnya, karena vaksinasi adalah kunci pemulihan dari Pandemic
Covid-19,” katanya.

Baca Juga: Hati-Hati! Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Tercatat, Kamis (27/1/2022) dari total sasaran, laju vaksin booster telah mencapai angka 1,3 juta atau sekitar 94 persen. Jumlah ini baru ditujukan untuk tenaga kesehatan.

Sementara kelompok sasaran yang belum menerima dosis booster ini antara lain lansia, remaja, dan petugas publik.