MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk, merupakan salah satu perusahaan tambang terbesar yang berlokasi di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Baca juga : PT Vale Terus Kembangkan Wilayah Pemberdayaan

Berdiri puluhan tahun, aktifitas yang ditekuni tak hanya untuk kebutuhannya sendiri. Walau fokus pertambangan tidak menyurutkan semangat untuk terus membangun perekonomian masayrakat setempat.

Terbukti, karena cukup mendominasi potensial pekerjaan masyarakat setempat fokus pada aktifitas pertambangan sehingga dituntut mampu terus melakukan upaya inovasi pemberdayaan.

Pengembangan dan pemanfaatan lokasi pertambangan bukan hanya untuk pekerjaan tambang tapi PT Vale juga memanfaatkannya untuk aktifitas lain yang tetap mengedepankan kepentingan masyarakat.

Salah seorang Tim Health, Safety & Environment (HSE) PT Vale, Yung Fajar Riyadi mengatakan potensi mendominasi pangsa hingga 49% dipertambangan untuk wilayah ini tentunya tetap didukung keseimbangan kawasan lingkungan yang sejalan dengan concern dunia yang saat ini tengah fokus pada penanganan climate change.

“Karena itu, mengingat Lapangan Usaha (LU) pertambangan menjadi salah satu tumpuan ekonomi di Luwu Timur dengan pangsa hingga 49%. Namun demikian, PT Vale mempertimbangkan tingginya porsi pertambangan yang perlu diimbangi dengan kegiatan berwawasan lingkungan,” katanya.

FOKUS PENGEMBANGAN

Di sektor pengelolaan lingkungan PT Vale sangat berkomitmen, untuk terus mengembangkan kepeduliannya terhadap kesejahteraan masyarakat. Terbukti dengan dihadirkannya berbagai pengembangan dibeberapa bidang.

Bidang Pertanian, kepedulian sosial terhadap masyarakat melalui program padi organic dan pembentukan BumdesMa yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

PT Vale merupakan salah satu perusahaan pertambangan yang juga telah mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini sejalan dengan concern dunia untuk mendorong green economy (termasuk di dalamnya green mining),” terangnya.

Tak hanya itu, PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menerapkan program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) melalui metode System of Rice Intensification (SRI) Organik di sejumlah area pemberdayaan.