JENEPONTO – Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar bersama wWakil Bupati Jeneponto H. Paris Yasir menerima kunjungan Menteri Pertanian H. Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan rombongan di Butta Turatea, Minggu (6/2/2022).

Kunjungan menteri pertanian ini merupakan kunjungan lanjutan dari bulan sebelumnya untuk memantau areal pertanaman jagung sekaligus berdilaog dengan beberapa petani di lokasi yang terletak di kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu.

Di tengah tingginya kebutuhan jagung secara nasional, Kementerian Pertanian RI terus melakukan upaya dalam rangka mendorong peningkatan pertanaman jagung pada lahan existing maupun pada lahan perluasan areal tanam baru (PATB), hal ini untuk memenuhi kebutuhan dan stok pangan nasional.

Jeneponto merupakan salah satu daerah penghasil produksi jagung terbesar di Sulawesi Selatan, karena itu kementan terus mendorong dan mengedukasi petani di daerah ini agar mampu meningktakan produktifitasnya. Apalagi kondisi daerah kering dengan tanah yang penuh bebatuan, menyebabkan lahan pertanian cukup sulit diolah secara tradisional.

Untuk itu dibutuhkan mekanisasi dan teknologi sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kementan hadir melakukan intervensi untuk memaksimalkan lahan agar dapat berproduksi seacra maksimal, kata Syahrul.

Selain itu, dalam dialog bersama petani di areal pertanaman jagung, Mentan SYL juga menekankan tentang ketersediaan air yang menjadi kendala petani. Oleh karena itu, kita kembali hidupkan pintu-pintu air dan tempat-tempat penyimpanan air saat memasuki musim kering.

Air sudah ada di lokasi ini harus kita jaga dengan baik karena ini anugerah yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Kuasa, ke depan juga kita akan bimbing petani disini untuk membuat pupuk organik di tempat penampungan air ada saat ini, untuk selanjutnya digunakan untuk kebutuhan pupuk dan air untuk tanaman jagung, ada balitbang kami yang siap untuk membantu,” tambah Mentan.