BULUKUMBA – Guna membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf mengerahkan seluruh sumber daya khususnya di sektor pertanian.

Baca juga:Buka Musrembang, Andi Utta Harap Kades dan Warga Kajang Pantau Pelaksanaan Proyek

Sebagaimana janji politik saat Pilkada yang kemudian tertuang dalam visi misi Pemerintah Daerah Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf mulai melaksanakan program unggulannya yaitu pengadaan bibit unggul.

Pengadaan bibit unggul ini tidak hanya dianggarkan melalui APBD tahun 2022, namun juga melalui dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang digelontorkan untuk pengadaan bibit unggul berupa bibit nangka madu dan mangga harumanis.

Andi Utta Bantu Bibit Unggul untuk Kawasan Adat Ammatoa
Andi Utta Bantu Bibit Unggul untuk Kawasan Adat Ammatoa

Bibit unggul dari dana TJSL Perusahaan tersebut diperuntukkan kepada masyarakat yang berada di kawasan Adat Ammatoa Kajang dan sebagian dibagi ke warga Desa Tambangan. Ada pun jumlah bibit unggul dari dana TJSL sebanyak 5 ribu bibit, namun yang tiba dan baru dibagi sebanyak 1.000 bibit.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Bulukumba di Desa Tambangan dan Desa Tana Towa usai menghadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Kajang, Selasa 8 Februari 2022.

Andi Utta sapaan akrab Bupati Bulukumba, mengutarakan bahwa bukan hanya dana TJSL dari perusahaannya, namun ia juga akan berupaya melalui jaringannya untuk mendapatkan dana TJSL di perusahaan lainnya untuk membantu pengadaan bibit unggul di Bulukumba.

“Semakin banyak bibit unggul yang ditanam di Bulukumba, maka Bulukumba akan menjadi sentra hasil pertanian yang berkualitas,” ungkapnya.

Menurutnya, secara politis program bibit unggul ini tidak menguntungkan bagi dirinya karena hasilnya tidak langsung dirasakan 1 sampai 2 tahun ke depan. Namun karena ingin melihat hasil pertanian Bulukumba lebih bagus dan bersaing dengan daerah lain maka program bibit unggul ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.