Gorontalo, Rakyat News – Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum didaulat sebagai pembicara pada Simposium Nasional kabupaten konservasi yang berlangsung di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kegiatanyang berlangsung sejak tanggal 28 hingga 29 januari 2019 tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan daerah yang berkomitmen dalam kabupaten konservasi serta perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup.

Thahar dalam pemaparannya katakan Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara hingga hari ini terus gencar melakukan sosialisasi pentingnya perlindungan terhadap kawasan hutan.

Terlebih kabupaten Luwu Utara salah satu daerah penyangga oksigen terbesar di Pulau Sulawesi. “Pemerintah daerah terus mendukung upaya konservasi dan kami berharap Pemerintah Pusat terus bersinergi apalagi Luwu Utara merupakan salah satu daerah di Sulawesi dengan kawasan hutan lindung terbesar. Dan sejauh ini kendala yang dihadapi adalah persoalan terbatasnya kemampuan daerah dalam hal anggaran untuk memaksimalkan upaya konservasi,” Ungkap thahar di hadapan seluruh peserta simposium.

SimposiumNasional kabupaten konservasi sendiri dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo, untuk mendukung Nawacita Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di sektor kehutanan dan sumber daya alam, dengan sasaran peningkatan konservasi tata kelola hutan dan lingkungan.