MAKASSAR – Bank Sinar Mas Syariah Gandeng Perumda Pasar tawarkan bantuan modal usaha sebagai solusi keuangan untuk pedagang di Pasar-pasar tradisional.

Tunggakan Capai 300 juta, Perumda Pasar Segel 245 Lods dan Kios di Pasar Sambung Jawa

Brands Manager Bank Sinar Mas Syariah, Malvins Meyk A Loing mengatakan, Bank Sinar Mas Syariah menawarkan beragam produk, program, dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik pendanaan, pembiayaan, dan investasi.

“Produk pendanaan yang ditawarkan diantaranya adalah bantuan permodalan secara syariah dan juga bantuan modal Haji,” ungkap Brands Manager Bank Sinar Mas Syariah saat melakukan pertemuan dengan Penjabat Direksi Perumda Pasar Makassar. Rabu (9/2/2022).

Ia menambahkan, rencana awal yang akan dilaksanakan adalah mengedukasi sejumlah pedagang terkait penggunaan sistem pembayaran Non Tunai Qris salah satu regulator BI agar masyarakat bisa menggunakan sistem digitalisasi.

“Rencana awal sih kita mengedukasi dulu kepada pedagang tentang penggunaan Sistem Digitalisasi Pembayaran Non Tunai Qris. Yang merupakan regulator dari Bank Indonesia. Kedua pembiayaan bagi pedagang berupa modal usaha melalui aplikasi dan juga program Haji,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, “Dari pihak Direksi meminta kami sosialisasi dulu ke pedagang agar para pedagang mengetahui maksud dan tujuan kerjasama kami. Jadi ini masih tahap penjajakan kerjasama,” ujarnya.

Adapun penawaran yang akan diberikan kepada pedagang, adalah sebesar Rp.10 hingga Rp.500 juta.

“Jadi nominal kerjasama yang akan kita berikan itu berdasarkan jumlah pengajuan dari para pedagang. Tapi kita starting dari Rp.10 juta sampai Rp.50 juta, ada juga Rp.50 juta sampai Rp.500 juta. Untuk 10 sampai 50 juta menggunakan aplikasi Simas Pintar,” terangnya.

Penggunaannya lebih mempermudah pengajuan pembiayaan mikro syariah tanpa agunan bagi pedagang. Dan rencananya disetiap pasar ada agen yang nantinya akan mengupload setiap transaksi dan data para nasabah.