Makassar – Bertempat di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kamis 10 Februari 2022, digelar Rapat Koordinasi TNI, Polri dan Basarnas dalam rangka persiapan latihan SAR gabungan.

Baca Juga: Usut Dugaan Permainan Karantina, Kapolri Bentuk Tim Khusus

Kegiatan Latihan Gabungan ini merupakan bentuk implementasi dalam rangka mewujudkan Program Kerja Kapolri dan Panglima TNI, yakni dalam bidang sinergitas TNI-Polri.

Hadir dalam Rakor tersebut antara lain Danyon Komando 466 Paskhas, Letkol. Aguswono Prasetyo, Kabag Binops Dit Samapta Polda Sulsel, AKBP Abd. Halid, Danyon Marinir, Letkol Alex Zulkarnain, Kabag Ops Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Mursalim, Letda Hadi Susilo perwakilan dari Batalyon Kavaleri 10 Mendagiri dan beberapa Perwira serta Bintara dari masing-masing kesatuan TNI dan Polri.

Latihan Gabungan dilaksanakan dalam rangka menyongsong persiapan sinergi TNI-Polri dalam menghadapi musibah bencana alam.

Kabag Ops Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Mursalim mengatakan, kegiatan latihan gabungan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan menyamakan persepsi penanganan terhadap korban bencana alam serta kecelakaan yang terjadi di pegunungan, perairan yang memerlukan tindakan cepat dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

“Kegiatan latihan gabungan ini nantinya akan dilaksanakan secara bergantian di Markas Kesatuan masing-masing instansi, ini merupakan bentuk Implementasi dalam rangka mewujudkan Program Kerja Kapolri dan Panglima TNI, yakni dalam bidang Sinergitas TNI-Polri,” katanya.

Saat dikonfirmasi Komandan Batalyon A Pelopor, Kompol Sapari mengatakan harapannya, dengan adanya rapat koordinasi SAR ini akan semakin meningkatkan koordinasi dan sinergisitas antara TNI Polri serta Basarnas.

“Dengan adanya rapat koordinasi ini, maka akan terbentuklah satu persepsi saat penyelenggaraan operasi SAR terjadi, karena tanpa kerja sama yang baik dalam pelaksanaan operasi maka keberhasilan kegiatan dipastikan tidak berjalan dengan baik pula,” jelas Sapari.