GOWA – Sosok Agen Perubahan atau agent of change sangat diperlukan dalam pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas, agen perubahan merupakan unsur penggerak utama perubahan, sehingga tujuan utama Reformasi Birokrasi yaitu terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dapat tercapai.

Baca Juga: Tim Pembangunan Zona Integritas Rudenim Makassar Rapat Penyusunan Rencana Kerja dan Target Prioritas

Menindaklanjuti hal tersebut, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan melaksanakan rapat untuk memilih calon agen perubahan Rudenim Makassar tahun 2022. Rapat ini di laksanakan di Ruang Rapat Rudenim Makassar dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural Rudenim (15/02).

Membuka rapat,  Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin selaku Penanggung jawab Pembangunan ZI Rudenim Makassar menyampaikan kriteria yang harus di miliki oleh calon kandidat Agen Perubahan.

“Saya harapkan para calon agen perubahan yang nanti diusulkan adalah individu maupun kelompok  yang dapat menjadi pelopor sekaligus mampu menggerakkan perubahan dan dapat berperan sebagai panutan berperilaku yang mencerminkan lima nilai budaya kerja, yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan inovatif,” tegas Alimuddin.

Semangat dan konsepsi tersebut sejalan dengan program reformasi birokrasi yang sedang digalakkan Pemerintah. Apalagi, pada 27 Juli 2021, secara virtual Presiden Joko Widodo juga telah melaunching Core Values “BerAKHLAK” (Berorientasi pelayanan, Akuntabilitas, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” pada Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan tugas pelayanan publik.

Pada diri agen perubahan, terdapat tanggung jawab untuk mempromosikan dan menjalankan keteladanan mengenai pelaksanaan peran, tugas, dan fungsi untuk menjadi profesional.

Selanjutnya, Kepala Rudenim Makassar menyerahkan teknis pengajuan usulan kandidat agen perubahan kepada Kepala Seksi Registrasi, Administrasi dan Pelaporan (Regminlap), Rita selaku Ketua Pokja 1 Manajemen Perubahan.