MAKASSAR -Menyebarnya pandemi Covid-19 membuat semua sektor merasa terpukul. Namun, beda halnya yang dialami oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Mahdaniar, yang justru melihat peluang untuk membuka usaha.

Baca Juga: Melangkah Maju, Bupati Takalar Hadirkan 3 Coaching di Akselerasi UMKM

Mahasiswi asal Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar itu menjelaskan, di masa pandemi ini justru ia dapat mulai menggeluti usaha baru, yakni percetakan foto dengan nama Polaroid Makassar.

Di masa pandemi ini ia mengaku mendapatkan penghasilan bersih 40% dari pendapatan kotor. Rata-rata pembeli memesan jasanya saat ada perayaan hari-hari istimewa seperti ulang tahun atau perayaan hari penting lainnya.

Menurutnya, peluang itu ada saat dirinya pada awalnya hanya ingin mencoba.

“Saya mulai sejak awal tahun 2020 itu karena hobi. Ingin mencoba, awalnya tidak tahu tentang hal itu. Tapi lama-lama banyak yang mau,” ucapnya pada Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Program Smart UMKM, Dukung Percepatan Imunitas Ekonomi Kota Makassar

Melihat peluang itu, ia berkomitmen untuk terus melanjutkan usaha percetakannya. Pemasarannya melalui sosial media dengan nama akun Instagram, Polaroidmks_ku.

Ia menekankan, dalam menjalankan suatu usaha harus memperhatikan beberapa hal, utamanya aspek kesadaran diri seperti disiplin.

“Pertama harus disiplin. Kapan tidak disiplin konsumen akan tidak suka, apa lagi sampai mengulur-ulur waktu. Juga memiliki sifat kepemimpin, setidaknya memimpin diri sendiri dalam hal pekerjaan. Selanjutnya, ramah, alasannya konsumen akan suka kalau kita ramah, sehingga konsumen akan datang kembali. Manajemen keuangan juga perlu,” ucapnya.

Pilihan Video