TAKALAR – Dalam memajukan UMKM di Kabupaten Takalar, Bupati Takalar Syamsari, mendatangkan tiga mentor atau Coaching dalam kegiatan Akselerasi UMKM yang digagas oleh Pemkab Takalar bekerjasama dengan Institut Teknologi Pertanian (ITP) dan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Aula Rumah Makan D’Luna, Kecamatan Polut, Kabupaten Takalar, Minggu (13/2/2022).

Baca Juga : UMKM NTB Terkena Ciprat Pagelaran MotoGP di Mandalika

Bupati Takalar dalam membuka kegiatan tersebut menyampaikan, dalam memajukan UMKM, haruslah pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulai dengan keinginan.

“Dengan pengolahan yang bagus dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita,” jelasnya.

Syamsari juga menyampaikan, dalam membuat sebuah usaha dibutuhkan ide dan inovasi yang matang, serta pengetahuan tambahan melalui kegiatan bimbingan atau pendampingan.

“Kita melakukan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak UMKM baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalani. Dan bagi UMKM yang berhasil menjalankan usahanya akan dilakukan wisuda setelah menjalankan usahanya selama empat bulan” tutup bupati.

Sementara itu, Ketua Panitia, Budi Prasetya menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelatihan kelas ketiga, dimana sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Pinrang dan Kota Makassar, dengan tujuan UMKM dapat mendongkrak negara kita yang bisa menjadi penopang di masa pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Penandatangan MoU antara ITP dengan Lunar Academy tentang kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan skill, sosial kemanusiaan dan pengabdian kepada masyarakat serta melakukan promosi untuk mendorong pengembangan ITP.

Di kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemkab Takalar dengan ICMI tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pendampingan bimtek UMKM dan mendorong pengembangan ITP serta penandatanganan MoU antara Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Takalar dengan ITP terkait penyusunan naskah akademik Draf Ranperda UMKM dan pendampingan pelatihan UMKM di Kabupaten Takalar.

Baca Juga : Jelang Pesta Demokrasi, Sahabat Bikers Takalar Deklarasi Dukungan ke Taufan Pawe