SYDNEY – Pemerintah negara Australia menegaskan jika pihaknya akan memberikan bantuan bagi Ukraina dalam bentuk pasokan senjata, mengingat serangan invasi Rusia yang kian meningkat.

Dilansir dari Kumparan yang mengutip dari The Guardian, mengungkapkan jika pihak pemerintah Australia mengutarakan niatnya untuk membantu Ukraina berupa menyediakan peralatan militer yang tidak mematikan selang beberapa hari setelah invasi Rusia.

Baca Juga: Detik-detik Rudal Rusia Hancurkan Depot Minyak Ukraina

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, bersama dengan warga Ukraina yang berada di Sydney dalam kegiatan kebaktian gereja, Minggu (27/2), menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya memberi bantuan berupa pendanaan persenjataan, tetapi juga siap memberikan apa pun yang dibutuhkan oleh pihak Ukraina semasa invasi terjadi.

“Pemerintah Australia akan terus membela apa pun hal yang benar terkait Ukraina,” ujar Morrison.

Tidak sampai di situ, Morrison menambahkan, jika pihak pemerintah Australia juga akan berupaya membantu Ukraina dengan mempercepat pemrosesan kepada para pemohon visa yang saat ini masih berada di Ukraina.

Baca Juga: Jaringan Komunikasi Dirusak Rusia, Elon Musk Kirim Layanan Internet Satelit di Ukraina

Terakhir, Morrison menegaskan bahwa langkah itu merupakan prioritas utama Australia akibat sedang memanasnya ketengan akibat invasi Rusia di Ukraina, yang tentu dapat membahayakan nyawa para warga. Ia menambahkan, jika pihaknya tentu akan memberikan dukungan melalui sejumlah mitra NATO dari negeri kangguru tersebut.