Rakyat News, Makassar – Hari ini umat muslim di Indonesia mulai melaksanakan ibadah puasa pada, Sabtu (27/5/2017). Sebelum menjalani puasa ada baiknya menyimak apa saja manfaat puasa bagi kesehatan.

Dengan menahan lapar dan haus di bulan ramadhan, maka Anda akan mendapatkan beribu-ribu manfaat yang luar biasa, serta Anda juga tentu akan memperoleh banyak pahala di kemudian hari. Namun, perlu anda tau juga bahwa puasa ramadhan ini justru akan memberikanmu segudang manfaat bagi kesehatan yang sangat beragam dan belum diketahui sebelumnya​

Jika puasa tidak dijalankan dengan sehat dan benar malah akan menimbukan bahaya tersendiri bagi kesehatan pula. Terutama pada makanan yang Anda konsumsi ketika sahur dan berbuka yang tak Anda waspadai.

Anda perlu tahu sebuah Manfaat Bepuasa bagi Kesehatan yang mengejutkan. Yang juga akan kami bahas dalam ulasan di bawah ini.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tubuh tak hanya menggunakan glukosa sebagai sumber energi ketika puasa. Lemak pada tubuh yang dibakar dari penyimpanannya akan mempengaruhi penurunan profil lipid tubuh.

2. Menurunkan Berat Badan

Dengan berpuasa, maka secara otomatis akan membakar lemak pada tubuh. Hal ini akan menimbulkan efek penurunan berat badan bagi tubuh. Selain itu juga berpengaruh terhadap tekanan daran dan kadar gula darah tubuh.

3. Proses Detoksifikasi

Karena lemak tubuh terpakai maka sisa-sisa zat buangan atau racun yang terdapat dalam sel-sel lemak tubuh akan terurai dan terbuang dari tubuh.

4. Meningkatkan Ketajaman Berpikir dan Rasa Nyaman

Hormon endorfin akan meningkat dalam tubuh. Hormon ini akan menimbulkan efek peningkatan ketajaman pikiran serta perasaan nyaman.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Tak dapat dipungkiri, Sakit jantung ialah penyakit yang paling mematikan. Nah, dengan berpuasa juga akan menimbulkan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Saat berpuasa, tubuh akan melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL. Dan ini mengakibatkan efek yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.