MAKASSAR – Camat Makassar, Akbar Yusuf, mengikuti peresmian dan deklarasi pencanangan Baruga Adhyaksa ‘Restorative Justice House’ (BRJ) yang berlokasi di Taman Pramuka, Jalan Hasanuddin, Kelurahan Maloku Kota Makassar.

Baca juga : Camat Makassar Dampingi Dandim 1408/BS Serbu Vaksin
 Camat Makassar Puji Pencanangan Baruga Adhyaksa 'Restorative Justice House'
Terlihat Camat Makassar, Akbar Yusuf hadir dalam kegiatan peresmian dan deklarasi pencanangan Baruga Adhyaksa ‘Restorative Justice House’ yang berlokasi di Taman Pramuka, Jalan Hasanuddin.

Akbar Yusuf mengatakan, pencanangan baruga adhyaksa dalam upaya Restorative Justice adalah langkah besar dalam upaya hukum kejaksaan yang lebih humanis.

“Saya mengikuti tadi sidang restorative justice salah satu kasus yang terjadi di Kecamatan Manggala, ini merupakan langkah besar dalam upaya hukum kejaksaan yang lebih humanis. Tadi, bapak Walikota juga menyampaikan, seluruh camat agar menyiapkan tempat di wilayahnya masing-masing untuk membangun Balla Adhyaksa Restorative Justice House,” ungkap Camat Makassar ini, Jumat (04/03/2022).

Sebelumnya, Wali Kota Makassar dalam sambutannya menyampaikan dihadapan Kejari Makassar bahwa pemerintah kota makassar mendukung penuh program Kejaksaan RI ini. Terbukti dengan pencanangan Balla Adhyaksa ini dan akan diikuti 14 Kecamatan lainnya akan menjadi tempat dimana kearifan lokal dalam bentuk hukum adat akan menjadi solusi bagaimana motto Sipakabaji, Sipakalebbi akan sejalan dengan maknanya.

Diketahui bahwa Kejaksaan Agung telah menyelesaikan 313 perkara melalui mekanisme restorative justice atau keadilan restoratif hingga Oktober 2021.

Restorative justice merupakan upaya penyelesaian perkara di luar jalur hukum atau peradilan, dengan mengedepankan mediasi antara pelaku dengan korban.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto dan Kepala Kejaksaan Negeri Makassar, Andi Sundari, SH., MH serta seluruh Camat di Kota Makassar.

Baca Juga : Camat Makassar Dampingi Dandim 1408/BS Serbu Vaksin

Pilihan Video