MAKASSAR – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk anak-anak (UNICEF) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Yayasan Gaya Celebes menggelar workshop pemeliharaan dan perbaikan rantai dingin vaksin.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Bertemu Perwakilan Unicef Bahas Rencana Kerja Perlindungan Anak Kota Makassar

Kegiatan workshop ini dihadiri perwakilan tenaga kesehatan 24 Kabupaten/Kota Sulsel dengan mengangkat tema cold chain maintenance and repair bagi tenaga kesehatan di Hotel Swiss-Belhotel, Jum’at (05/3/2022).

Health Specialist UNICEF Perwakilan Wilayah Sulawesi Maluku, Badwi M. Amin mengatakan pertemuan bersama 24 Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kapasitas bagi para tenaga kesehatan dalam menjaga dan memelihara rantai dingin vaksin.

“Kita ingin memastikan kualiatas vaksin dengan cara menjaga rantai dingin sampai ke sasaran,” katanya.

Baca Juga: Dinkes Ajak Media Ikut Andil Sukseskan Vaksinasi dan Imunisasi

Ia berharap pada tenaga kesehatan memiliki kemampuan dalam menjaga dan memperbaiki rantai dingin vaksin, sehingga suhu vaksin tetap terjaga sesuai dengan standard dalam proses distribusin sampai penunjukan kepada sasaran.

“Mereka setelah pulang workshop mereka bisa memastikan rantai dingin di daerah mereka masing-masing tetap dalam keadaan baik dan jika ada permasalahan mereka mengerti, apa yang perlu dilakukan untuk memperbaiki,” ungkapnya.

Selain itu, Kabid P2P Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Husni Thamrin mengatakan menjaga rantai dingin vaksin sangat penting dalam percepatan vaksin dalam menjaga kualitas baik. Sehingga perbaikan dan pemeliharaan rantai dingin sangat penting bagi tenaga kesehatan.

Ia menjelaskan percepatan vaksinasi bisa di maksimalkan jika tenaga kesehatan mampu melakukan kordinasi Kepada dinas pendidikan untuk melakukan Vaksin MR atau Measles and Rubella vaccine.

“Kabupaten kota untuk melakukan kordinasi semua lintas sektor termausk Dinas pendidikan dan para kepala sekola untuk percepatan melaksanakan vaksin MR,” ungkapnya.