BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan, mengajak media untuk ikut andil dalam menyukseskan kegiatan vaksinasi dan imunisasi rutin.

Baca juga: Jalin Kerja Sama, LAN RI-Pemkab Bulukumba Dorong Inovasi ASN

Sejumlah kegiatan vaksinasi dan imunisasi bakal diselenggarakan di Indonesia dan Bulukumba khususnya. Peran media sangat menentukan kelancaran dan capaian vaksinasi seperti Covid-19 maupun imunisasi bagi anak.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, Umrah Aswani, dalam kegiatan pertemuan media briefing tentang rutin vaksinasi Covid-19, Imunisasi Berbasis Sekolah dan Imunisasi Rutin, di Kafe Wow Bulukumba, Rabu (02/03/2022).

Menurutnya, pemberitaan positif dan berimbang terkait vaksinasi ataupun imunisasi sangat membantu capaian pelaksanaan di lapangan.

“Penting diberitakan bahwa vaksin itu penting, bahwa imunisasi itu dibutuhkan untuk herd immunity,” paparnya.

Dia menceritakan banyaknya informasi hoaks yang beredar di masyarakat yang seharusnya tak menjadi hal menakutkan.

“Jika berita positif tentang vaksin lebih banyak dibanding hoaks di sosial media, mungkin masyarakat akan peduli dan berbondong-bondong vaksin bukan takut,” jelasnya.

Di pemaparan materi lain, Kabid Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinkes Bulukumba, Kasmarinda berharap masyarakat tak takut lagi mengikuti vaksin Covid-19.

Menurut Kasmarinda, pihaknya tak akan menerima warga yang ingin vaksin jika memang keadaan tidak sehat atau memiliki riwayat sakit.

“Kami malah meminta kepada masyarakat agar tidak menyembunyikan riwayat penyakit. Jika memang tidak memenuhi syarat pasti tidak divaksin,” paparnya.

Kasmarinda tak menampik adanya beberapa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (vaksin) atau biasa disingkat KIPI.

Dari data Dinkes, KIPI di Bulukumba terbilang cukup kecil yakni sebanyak 6 orang.

“KIPI di Bulukumba sedikit itupun kualifikasinya tidak kausal, jadi kita harap jika sudah divaksin pulang ke rumah ada gejala lain langsung lapor ke puskesmas,” paparnya.