BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba menjajaki kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI) dalam meningkatkan inovasi ASN.

Baca juga: 18 Pejabat Ikut Selter, Perebutkan 5 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Bulukumba
Kerja Sama LAN RI, Pemkab Bulukumba Dorong Inovasi ASN
Kerja Sama, LAN RI-Pemkab Bulukumba Dorong Inovasi ASN

Kerja sama ini dituangkan dalam Nota Kesepakatan Bersama antara LAN RI dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba terkait Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kabupaten Bulukumba, yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (02/03/2022).

Kepala LAN RI, Adi Suryanto menjelaskan inovasi merupakan salah satu upaya mendorong proses pembangunan di daerah, melalui inovasi sektor publik, sehingga setiap pemerintah dapat meningkatkan kualitas serta mempermudah pelayanan terhadap masyarakat secara cepat dan efisien.

Menurutnya, dulu inovasi di kalangan birokrasi merupakan hal yang asing, namun seiring dengan waktu, pemerintah terus mendorong inovasi-inovasi sektor publik.

“Kini setiap daerah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi di daerahnya melalui kekhasan dan kearifan lokal,” ungkapnya.

Keberhasilan sebuah inovasi, lanjutnya tidak terlepas dukungan dan komitmen pimpinan untuk mengembangkan inovasi di daerahnya, dan berbagai regulasi dikeluarkan guna menciptakan inovasi-inovasi sektor publik yang dapat memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.

Tak hanya komitmen pimpinan, kultur birokrasi yang terbuka, lanjutnya, juga mempengaruhi keberhasilan inovasi sektor publik.

“Dukungan dan kolaborasi seluruh elemen baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk melakukan perubahan ini membuat sebuah gerakan inovasi secara masif dan terstruktur,” imbuhnya.

Kerjasama antara LAN dengan delapan Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Bulukumba meliputi pengembangan dan penguatan di bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Kajian dan Inovasi Manajemen aparatur sipil Negara, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, serta Pendidikan Tinggi Terapan.