Dalam waktu dekat inisiatif ini akan dilanjutkan dalam bentuk MoU antara kota Milan dan Garut untuk pengembangan UMKM kerajinan kulit. Dengan inisiatif yang sudah dijalankan ini diharapkan ke depannya dapat diperluas jangkauan kerjasama antar UMKM dari berbagai negara baik anggota G20 ataupun negara-negara di dunia.

Kedua, program W20 Sispreneur untuk UMKM yang diinisiasi oleh XL Axiata melalui program Sisternet akan berlangsung sejak 8 Maret – 19 Juli 2022. program ini dalam bentuk inkubasi, dimana selama inkubasi berlangsung peserta yang lolos seleksi akan diberikan 4 kelas pelatihan, yaitu segmentasi pasar & inovasi produk, literasi finansial digital, perencanaan bisnis, dan konten dan digital marketing.

UMKM perempuan dapat mengikuti proses seleksi program ini dengan cara mengirimkan tulisan ke aplikasi Sisternet yang bisa di download di google playstore & apple store mulai 20 Maret – 25 April 2022. Program ini juga akan memberikan hadiah permodalan kepada pemenang sebesar 300 Juta Rupiah, yang akan diumumkan dan diberikan pada saat W20 Summit di Danau Toba, 19 Juli 2022.

Ketiga, diluncurkan juga sebuah program yang diberi nama perwujudan ekonomi inklusi bagi teman-teman penyandang disabilitas. Nantinya program ini akan memfasilitasi berupa peningkatan kemampuan diri penyandang disabilitas melalui berbagai pelatihan agar mereka dapat berwirausaha yang bernilai komersil, serta pemberdayaan keterampilan dan pengelolaan usaha bagi penyandang disabilitas.

Tidak hanya fasilitas peningkatan kemampuan saja, program yang diusung pemerintah pusat melalui kementerian BUMN juga memberikan akses permodalan melalui ekosistem BUMN. Masyarakat khususnya kelompok penyandang disabilitas yang ingin berpartisipasi didalam program tersebut dapat menghubungi call center 143.

Selain meluncurkan 3 program aksi nyata untuk UMKM, kegiatan dilanjutkan dengan membahas lebih jauh terkait trend global terkait UMKM serta beragam praktik dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Uni Eropa, Brazil, dan Turki. Beragam contoh dari negara-negara anggota G20 ini menjadi masukan penting bagi rancangan komunike W20 di bawah presidensi Indonesia.