TAKALAR – Bupati Takalar, Syamsari, mendatangkan tiga mentor dan coaching profesional pada Akselerasi UMKM yang digagas Pemerintah Kabupaten Takalar bekerjasama dengan Institut Teknologi Pertanian (ITP), dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Aula Rumah Makan D’Luna, Kecamatan Polut, Takalar, Minggu (13/2/2022).

Baca Juga : Terima Plt Bupati PPU, Andi Sudirman Bahas Rencana Kerjasama Supporting Logistik IKN

Syamsari dalam membuka kegiatan mengatakan bahwa dalam mengembangkan UMKM, warga harus pintar memanfaatkan peluang bisnis dan memulai dengan semangat dan jiwa kreatif untuk mengembangkan usahanya.

“Dengan pengolahan yang bagus dapat menciptakan pasar baru dan setelah kita memproduksi suatu produk, pemasaran menjadi salah satu faktor keberhasilan usaha kita,” katanya.

Ketua Gelora Sulsel tersebut juga mengatakan berbisnis membutuhkan ide matang dan inovasi baru.

“Kita dorong di era ini untuk mempunyai pengetahuan yang cukup sehingga mampu mengolah satu jenis bahan baku makanan menjadi beberapa menu makanan yang memiliki nilai jual tinggi,” sebutnya.

“Kita lakukan bimbingan dan pendampingan kepada para pelaku usaha sampai berhasil dengan harapan bisa mencetak UMKM baru dan menjadi wadah untuk bisa meningkatkan bisnis atau usaha yang dijalani. Dan bagi UMKM yang berhasil menjalankan usahanya akan dilakukan wisuda setelah menjalankan usahanya selama empat bulan,” tambahnya.

Sementara itu, selaku ketua panitia, Budi Prasetya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan pelatihan kelas ketiga.  Sebelumnya digelar di Pinrang dan Kota Makassar dengan tujuan agar UMKM bisa tumbuh dan menopang perekonomian di masa wabah saat ini.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 orang pelaku bisnis Takalar.

Di acara ini juga penandatanganan MoU antara ITP dan Lunar Academy tentang kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengembangan keterampilan, humaniora dan pengabdian masyarakat serta periklanan untuk mempromosikan pengembangan ITP dan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Takalar dan ICMI tentang kerjasama pendidikan, penelitian , departemen pembinaan dan bimbingan teknis di UKM dan mempromosikan pengembangan ITP serta penandatanganan MoU antara Koperasi UKM dan Dinas Bisnis Takalar dan ITP terkait dengan revisi draft buku Ranperda UMKM dan kursus pelatihan UMKM Takalar.