5. Puasa dapat menormalkan kadar ghrelin – Apa itu ghrelin? Hal ini sebenarnya juga dikenal sebagai hormon kelaparan, karena bertanggung jawab untuk memberitahu tubuh Anda bahwa jikalau lapar. Saat Anda berpuasa, kadar ghrelin di tubuh Anda menormalkan rasa lapar, jadi sebenarnya menjadikan lebih akurat dalam memberi tahu Anda apakah Anda benar-benar harus makan, atau berhenti minum makanan ringan sampai nanti.

6. Menurunkan kadar trigliserida – Bila Anda mengkonsumsi terlalu banyak kolesterol, kadar trigliserida Anda mungkin meningkat, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit jantung. Puasa telah diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, yang berarti juga menurunkan pembentukan trigliserida. Namun, Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa puasa tidak mempengaruhi tingkat kolesterol baik HDL dalam tubuh.

7. Puasa dapat memperlambat proses penuaan – Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, puasa dapat menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan manusia. Hormon ini sebenarnya berhubungan erat dengan proses penuaan. Bila tubuh memproduksi lebih sedikit HGH, maka cenderung menua lebih cepat juga. Jadi pada dasarnya, aman untuk menyimpulkan bahwa puasa dapat membantu usia tubuh lebih lambat.(*)