JAKARTA – Ketua DPR, Puan Maharani menyatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) perlu dilakukan secara adil dan mengayomi warga lokal. Selain itu juga perlu adanya pembangunan yang mengutamakan aspek ramah lingkungan.

Baca Juga : Andi Sudirman Resmi Nahkodai Sulsel Usai Dilantik Jokowi

Puan mengungkapkan hal itu sebagai tanggapan atas pelantikan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala IKN Nusantara.

“Kita berharap IKN Nusantara bisa merefleksikan kota Indonesia di masa depan, tapi jangan sampai pembangunannya merugikan rakyat setempat,” tuturnya, Jumat (3/11/2022).

Dengan keahliannya di bidang transportasi perkotaan, infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan, Puan yakin ini akan menjadi modal Bambang untuk membangun IKN menjadi kota yang inklusif, cerdas, hijau dan berkelanjutan.

Begitu pula dengan latar belakang Dhony sebagai sosok yang sudah lama berkecimpung di dunia pembangunan perumahan. Menurut Puan, kemampuan Dhony membangun kota satelit akan meningkatkan perkembangan IKN Nusantara dari sisi teknis operasional

“Pak Dhony Rahajoe berhasil membangun salah satu kota satelit terbaik di Indonesia.  Pengalaman beliau bisa jadi modal membangun IKN Nusantara menjadi kota futuristik,” ucapnya.

Ketua DPP PDI-P itu berpesan agar keduanya segera membentuk struktur organisasi agar kemajuan IKN Nusantara bisa cepat terwujud.

Agar sistem pengembangan IKN dapat berjalan efektif, Puan juga mengingatkan Bambang-Dhony untuk bekerja sama dengan kementerian yang ada dan instansi terkait.

“Lakukan koordinasi yang efektif, termasuk dengan setiap pemangku kepentingan di Kalimantan Timur. Implementasika semua rancangan proyek pembangunan IKN Nusantara sebaik-baiknya agar hasilnya tidak mengecewakan rakyat,” sebutnya, dilansir kompas.com.

Puan, di sisi lain, juga meminta agar Bambang dan Dhony terus berunding dengan DPR untuk pengembangan IKN Nusantara lebih lanjut.  Sebab, nantinya DPR akan bekerja sama dengan Otoritas IKN.

“Sebagai representasi rakyat, DPR punya kewajiban untuk mengetahui setiap detail pembangunan IKN agar dapat ikut mensosialisasikan perkembangan IKN kepada masyarakat sekaligus sebagai bentuk pengawasan,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo secara resmi mengangkat Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang baru pada masa jabatan 2022-2027.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022) sore.

Pelantikan kedua tokoh ini sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor 9N tentang Pengangkatn Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Masa Jabatan 2022-2027 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementeran Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.