BONE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bone pada Sabtu (12/3/2022) , sosialisasikan pentingnya Imunisasi Berbasis Sekolah dan Imunisasi Rutin di Kabupaten Bone.

Baca Juga : Dinkes Ajak Media Ikut Andil Sukseskan Vaksinasi dan Imunisasi

Sosialisasi tersebut mengundang awak media yang ada di Kabupaten Bone dimulai pada pukul 10.00 WITA di Aula Kantor Dinas Kesehatan. Media briefing dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dalam melaksanakan imunisasi rutin atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias).

Drg .Yusuf Tolo, yang membuka  pertemuan itu menjelaskan bahwa  Pemerintah Kabupaten Bone mengaktifkan kembali imunisasi rutin  untuk semua siswa sekolah dasar di Kabupaten Bone.

“Kenapa kami undang teman-teman media dalam pertemuan ini agar nantinya penyebaran informasi tentang pentingnya imunisasi bagi masyarak indonesia dan masyarakat Bone pada umumnya,” jelasnya.

Yusuf juga menjelaskan sejauh mana peran imunisasi dalam kesehatan. Imunisasi merupakan proses untuk membuat imun kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

“Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), ini dimaksudkan untuk meningkatkan herd immunity, pada kelompok umur anak sekolah di Kota Madiun saat masa pandemi Covid 19, khususnya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB),” tuturnya.

Selain itu, Dr .Mawar salah satu pemateri dari Dinas Kesehatan Bone  juga menjelaskan tentang gambaran singkat surveilans KIPI Kabupaten Bone, untuk  melakukan kampanye massal mengenai  pentingnya imunisasi rutin. KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah gejala medis yang terjadi setelah vaksinasi  dan diduga berhubungan dengan imunisasi/vaksinasi.

“Hal ini merupakan bentuk respons tubuh terhadap vaksin yang disuntikkan,” ucapnya.

Baca Juga : Operasi Keselamatan di Bone, Diwarnai Aksi Bagi Masker, Helm dan Beras