MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menggelar Salat berjamaah di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang terletak di Kawasan Center Point Indonesia (CPI) Makassar pada Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga : Aksi Tolak Pemekaran Ricuh, Legislator: Apa Susahnya Pemerintah Temui Pendemo

Ini merupakan aksi perdana Gubernur termuda Indonesia itu usai tiba di Sulsel. Sebelumnya, dirinya dari Jakarta, Ia dilantik sebagai Gubernur Sulawesi Selatan pada 10 Maret 2022 oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Warga yang antusias sebagian besar memadati tempat ibadah umat Islam untuk menunaikan salat Dhuhur. Pelaksanaan Salat ini menandai pengunaan perdana Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman bersyukur Masjid Kubah 99 Asmaul Husna kini sudah bisa digunakan masyarakat untuk melaksanakan salat. Apalagi akan memasuki bulan suci Ramadan.

“Alhamdulillah, akhirnya secara perdana dan resmi masjid ini bisa kita manfaatkan untuk melaksanakan ibadah bersama masyarakat di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna,” tuturnya.

Pada tahun 2022, Dinas PUTR Sulsel, akan melanjutkan pembangunan masjid ini. Namun, Masjid Kubah 99 Asmaul sudah bisa fungsional untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kita masih menganggarkan sekitar Rp 45 Miliar tahun 2022 untuk bagian luar masjid termasuk menara, puluhan Kubah dan lain-lain,” ucapnya.

“Semoga saja ke depannya semakin banyak kegiatan syiar Islam yang bisa terlaksana,” katanya.

Di kesempatan perdana pemanfaatan masjid ini, Gubernur berharap supaya ini sebagai langkah dalam memperkuat keimanan kita pada Allah Subhana Wa Ta’ala.

Selain itu, pemilihan imam dan muadzin untuk operasional Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, melalui proses penyaringan melalui seleksi senelumnya oleh Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Imam dan muadzin tetap yang terpilih oleh panitia seleksi memiliki syarat tertentu termasuk bebas afiliasi radikal/terorisme, attitude, hafalan minimal 15 juz bagi imam, bacaan dan lain-lain,” sebutnya.

Ia berharap masjid ini, dapat digunakan untuk mendekatkan masyarakat dan menggunakannya untuk melaksanakan Salat. Terutama yang berwisata kuliner di Lego-Lego yang juga di area CPI.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar dikenal sebagai ikon baru di Sulawesi Selatan. Melihat bentuk tempat ibadah umat Islam ini terlihat unik. Bangunan ikonik ini nantinya akan menjadi tempat rekreasi dan wisata religi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.