MAKASSAR – Kebersihan ponsel penting untuk jaga dengan mempelajari tips membersihkan debu di hp agar kinerja ponsel tidak terhambat. Saat ini, ponsel menjadi benda wajib yang dimiliki semua orang, baik sebagai komunikasi maupun alat pemasaran bisnis. Bahkan zaman digital sekarang, smartphone sudah dibutuhkan pelajar untuk mengerjakan tugas sekolah salah satunya ponsel Samsung A73 .

Baca Juga : Gempa Hari Ini Guncang Nias, Berikut Info BMKG

Debu menjadi permasalahan krusial untuk ponsel karena digunakan hampir setiap hari. Sering kali Anda meletakkan di sembarang tempat sehingga debu mudah masuk. Jika dibiarkan, lama-lama ponsel bisa rusak karena debu di dalam ponsel semakin membandel.

Jangan Sampai Kusam, Bersihkan Hp Samsung Anda dengan Cara Ini

 Merk hp semakin beragam dan memiliki fitur unggulan tersendiri. Salah satunya hp samsung, hp tersebut cocok digunakan pelajar maupun orang dewasa. Disarankan membuka casing hp secara berkala untuk membersihkan debu, Anda bisa juga membersihkan debu dengan beberapa cara berikut:

1. Bersihkan dengan Cara Simple

Cara ini mudah dilakukan siapa saja dan diterapkan setiap hari untuk mengatasi debu atau kotoran ringan. Anda bisa mematikan ponsel terlebih dahulu dan buka case hp. Setelah itu, rendam case hp dalam air hangat untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada case yang terbuat dari plastik maupun silikon.

Langkah kedua, bersihkan bagian body smartphone. Gunakan kain bersih dengan tekstur halus dan lembut dan celupkan pada air hangat. Lalu, usapkan pada body smartphone secara merata. Jangan lupa memakai cotton bud dan celupkan pada air hangat untuk membersihkan bagian-bagian kecil di smartphone. Bagian tersebut meliputi lubang earphone dan charger, kamera dan sudut-sudut.

Setelah selesai, biarkan smartphone kering. Anda bisa membiarkan smartphone, jangan hidupkan sebelum sisa-sisa air di body smartphone kering. Dijamin ponsel Samsung akan selalu bersih dan kinerjanya tidak terhambat oleh debu. Anda pun nyaman menggunakan smartphone sepanjang hari.

2. Mengatasi Kuman dan Bakteri Pada Smartphone

Tips selanjutnya lebih intens karena kuman dan bakteri pada ponsel bisa membandel jika tidak dibersihkan rutin. Bahkan air hangat tidak bisa menghilangkan bakteri pada smartphone Anda, air hangat hanya bisa mengatasi bekas sidik jari, debu, kotoran maupun sisa minyak.

Gunakan kain yang lembut, lalu campurkan air dan alkohol dengan perbandingan 2:3. Jika tidak ada alkohol, gunakan hand sanitizer karena efektif mengatasi kuman dan bakteri. Setelah tercampur merata, taruh di atas kain dan usapkan pada layar dan body smartphone Anda.

Agar kuman dan bakteri sepenuhnya hilang usapkan kain beberapa kali, jangkau semua bagian terkecil ponsel agar kuman sepenuhnya hilang. Anda tak boleh lupa mengenai jenis kainnya, nama kainnya adalah kain microfiber. Menggunakan kain microfiber membuat kuman dan debu pada smartphone mudah diatasi.

3. Membersihkan Pasir pada smartphone

Terkadang, pasir bisa menempel pada body smartphone dan memicu keresahan pengguna ponsel. Hal tersebut kerap terjadi setelah bepergian ke pantai dan menjadikan smartphone sebagai ajang mengabadikan momen di pantai. Jika dibiarkan, pasir bisa terperangkap di port dan memicu kerusakan.

Anda bisa membersihkan pasir menggunakan selotip atau isolasi. Caranya simple, rentangkan di sepanjang speaker, port dan bagian berlubang lainnya. Lalu, goyangkan ponsel secara perlahan sampai butiran pasir menempel pada selotip yang lengket. Setelah itu, lepas selotip dengan hati-hati.

Membersihkan pasir di ponsel serupa dengan tips lainnya, yang terpenting tetap tenang sehingga bisa berpikir jernih. Alhasil Anda membersihkan kotoran pada smartphone lebih efektif.

Trik Merawat Ponsel Agar Awet

Memiliki ponsel memang hal lumrah karena mayoritas kegiatan dilakukan dari ponsel. Zaman digital ini, masyarakat lebih menyukai yang simple dan mudah dilakukan melalui ponsel. Alhasil, kinerja ponsel semakin berat karena digunakan terus menerus. Jika dibiarkan bisa memicu kerusakan, Anda bisa menerapkan trik berikut agar ponsel awet:

Selektif terhadap sistem atau software

Usahakan selektif pada sistem atau software pada smartphone karena aplikasi yang diinstal memberikan pengaruh besar. Saat Anda menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan membuat kinerja ponsel melambat, khususnya jika bermain game yang membutuhkan RAM besar.

Boleh saja mengunduh aplikasi yang diinginkan, namun selektif memilih aplikasi dengan RAM kecil atau sedang. Dengan begitu kinerja ponsel tidak lambat dan membuat ponsel hang.

– Bijak saat mencharger

Mencharger sering disepelekan pengguna ponsel karena tak memiliki masalah, padahal kelalaian saat mencharger memicu kerusakan ponsel. Bahkan mayoritas kerusakan ponsel disebabkan dari baterai, banyak pengguna ponsel mengganti baterai beberapa bulan sekali dan membuatnya kesal karena baterai cepat rusak.

Usahakan charger hp setelah daya baterai kisaran 10 sampai 15 %. Jangan mencharger di malam hari dan membiarkan ponsel tetap terisi daya hingga esok hari. Hal tersebut memicu kerusakan pada baterai maupun ponsel.

Kamera dan speaker

Walaupun jarang menggunakan kamera dan speaker namun tidak bijak merawatnya juga menjadi penyebab Hp rusak. Gunakan case yang aman dan nyaman sehingga kamera dan speaker terlindungi dari debu maupun benturan.

Selain itu, hindari membersihkan kamera menggunakan jari karena membuat lensa blur. Gunakan kapas, tisu maupun menggunakan kain microfiber saat membersihkan. Sementara speaker, jauhkan dari sumber air, benda logam, medan magnet yang bisa menempel pada smartphone karena memicu kerusakan speaker.

Smartphone harus dirawat sebaik mungkin agar kinerjanya tidak melemah. Apalagi banyak debu yang kerap menempel di hp, lambat laun menyebabkan kerusakan. Selain membersihkan hp dengan cara-cara umum, untuk memudahkan pengoperasian disarankan  Anda untuk memakai hp dengan spesifikasi IP67 yang tahan terhadap debu. Spesifikasi IP67 bisa Anda dapatkan pada ponsel Samsung A73, produk tersebut memiliki fitur lengkap dengan ketahanan mumpuni sehingga ponsel tak mudah rusak.

Anda bingung mencari HP samsung terfavorit? Tak perlu khawatir karena bisa membeli secara online. Anda bisa membeli di Blibli, marketplace yang menyediakan berbagai merk ponsel terbaik dengan kualitas terbaik. Anda bisa menyesuaikan budget sehingga pengeluaran tidak membengkak.

Blibli menjadi marketplace terbaik di Indonesia dan dijadikan tempat jual beli online andalan. Sistem pembelian yang mudah dan proses cepat membuat masyarakat nyaman belanja di Blibli. Dijamin Anda akan mendapatkan ponsel terbaik dengan mudah. Namun, pastikan setelah menemukan ponsel impian jangan lupa menerapkan  tips membersihkan debu di HP sehingga HP tetap awet.

Baca Juga : Gempa Hari Ini Guncang Nias, Berikut Info BMKG