PANGKEP – Berdasarkan surat Gubernur Sulsel nomor 553-3/1987/Dispora dan SK Bupati Pangkep nomor 226. Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispapor) Pangkep akan menyelenggarakan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka).

Baca juga : Gelar Pelatihan 3in1, Pemkab Pangkep Gandeng Balai Diklat Makassar

Kepala Bidang Kepemudaan Dispapor Pangkep, Andi Waris Sayuti mengatakan,
tim melaksanakan seleksi awal dengan merekrut langsung ke sekolah-sekolah SMA sederajat baik Negeri maupun Swasta.

“Jumlah yang ikut seleksi ke tingkat kabupaten berjumlah173 orang. Sebanyak 72 laki,-laki dan 101 orang perempuan,” katanya, Rabu (23/3/2022).

Salah seorang pelatih, Harun menerangkan, seleksi tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini sesuai persyaratan, calon Paskibraka putra harus memiliki tinggi badan 168 cm dan berat badan ideal sedang Paskibraka putri tinggi badannya 158 cm dengan berat badan ideal. Peserta seleksi akan mengikuti tes samapta, kesenian, parade, wawancara dan pengetahuan umum.

“Yang sangat berbeda tahun ini, ada tes PIP dari pusat dilaksanakan secara online. Tahun ini betul-betul sangat selektif, karena ada program pusat tentang pendidikan Pancasila. Seluruh Indonesia ada tes online PIP kepada calon Paskibraka,” terangnya.

Peserta seleksi akan dijaring menjadi 72 orang untuk tingkat kabupaten. Dan empat orang yang dipersiapkan untuk diutus menjadi Paskibraka tingkat Provinsi sesuai arahan Dispora Sulsel.

Unsur pelatih melibatkan TNI, Polri dan didampingi Purnapaskibraka Indonesia Pangkep.

Nampak, calon Paskibraka menjalani tes di kompleks stadion Andi Mappe, Pangkajene.

Baca Juga : Turunkan Angka Stunting, Dinkes Pangkep Gelar FGD