JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat untuk Meksiko Ken Salazar pada Kamis, 24 Maret 2022 mendesak anggota parlemen Meksiko agar bergabung bersama Amerika Serikat mendukung Kyiv melawan invasi Rusia ke Ukraina. Himbauan Salazar itu disampaikan berselang sehari setelah Rusia mendorong Meksiko untuk mengabaikan negeri berjuluk Paman Sam.

“Duta Besar Rusia (Viktor Koronelli) kemarin di sini untuk membuat banyak keributan soal bagaimana Meksiko dan Rusia sangat dekat. Maaf saja, ini tidak akan pernah terjadi,” kata Duta Besar Salazar, Kamis, 24 Maret 2022.

Baca Juga : Imbas Perang Rusia dan Ukraina, Harga BBM Pertamax Dikabarkan Naik

Dia pun mengajak Meksiko untuk memberikan solidaritas ke Ukraina dan melawan Rusia.

“Saya ingat dengan baik selama perang dunia II, tidak ada jarak antara Meksiko dan Amerika Serikat. Kedua negara pernah bersatu melawan apa yang Hitlet lakukan,” kata Salazar.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Meksiko Viktor Koronelli menyampaikan pidato di hadapan anggota parlemen Meksiko pada Rabu, 23 Maret 2022. Dalam kesempatan itu, Koronelli kembali menekankan posisi Rusia di Ukraina adalah untuk de-Nazify Ukraina, yang Presidennya seorang Yahudi.

“Rusia tidak memulai perang ini, namun kami menyelesaikannya,” kata Duta Besar Koronelli.

Sedangkan Duta Besar Ukraina untuk Meksiko Oksana Dramaretska pada awal bulan lalu mendesak anggota parlemen Meksiko agar mendukung sanksi internasional dan upaya lainnya untuk mengisolasi Rusia.

Baca Juga : Imbas Perang Rusia dan Ukraina, Harga BBM Pertamax Dikabarkan Naik