Poso, Rakyat News – Gempa berkekuatan M 6,6 dan berpusat di daratan melanda Poso, Sulawesi Tengah, merusak puluhan bangunan, Senin (29/5/2017) malam. Sumbernya diduga dari sesar aktif Palolo Graben, 40 kilometer arah barat laut Kota Poso. Namun, bukan gempa ini yang paling ditakutkan terjadi di Pulau Sulawesi.

Peneliti gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mudrik Rahmawan Daryono dalam disertasinya tentang “Paleoseismologi Tropis Indonesia” (2016) menyebut, Sesar Palolo Graben ini memanjang 70 km dan membentuk lembah Palolo dan lembah Sopu. Sesar itu di barat laut berpotongan dengan Sesar Palu-Koro, sedangkan di batas tenggara menghilang di Lembah Napu.

Gempa sebelumnya terjadi di sesar ini pada 1977 berkekuatan M 5,1 dan tahun 2005 berkekuatan M 5,3. “Dari panjang sesarnya, kekuatan maksimal gempa sekitar M 6,” ujarnya.

Namun, yang lebih dikhawatirkan di Sulawesi Tengah bukan Sesar Palolo Graben, melainkan Sesar Palu-Koro, sesar darat terpanjang kedua di Indonesia setelah sesar besar Sumatera. Sulawesi yang terbentuk dari tumbukan tiga lempeng besar, yakni Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik, adalah pulau amat dinamis dan dibelah banyak sesar aktif.

Dalam Peta Sumber Gempa Nasional terbaru yang disusun Pusat Studi Gempa Nasional (Pusgen) tahun 2017, ada 48 sesar atau sumber gempa di Pulau Sulawesi. Padahal, dalam peta gempa 2010, di Sulawesi teridentifikasi 12 sumber gempa.

“Sebagian sesar melintas di kota padat. Berdasarkan ancamannya, yang perlu dikhawatirkan adalah Kota Palu yang dilalui Sesar Palu-Koro di segmen Palu dan segmen Saluki. Selain itu, Kota Soroako dilalui Sesar Matano, terutama segmen Pamsoa dan segmen Ballawai. Sementara Kota Poso dilalui sesar naik Tokararu,” kata Mudrik.