Sesar Palu-Koro yang membelah Pulau Sulawesi dari Teluk Palu ke Teluk Bone amat aktif bergerak dengan besar pergeseran 41-45 milimeter per tahun (Socquet dkk, 2006). Namun, sejumlah peneliti, misalnya Bellier dkk (2001) mengelompokkan Sesar Palukoro sebagai sesar dengan besar pergeseran tinggi dan kegempaan rendah.

Menurut Mudrik, fenomena itu bisa terjadi karena dua kemungkinan. Pertama, gerakan lempeng di zona sesar bersifat merayap sehingga gaya tektonik tak tertahan jadi gempa. Kedua, gaya tektonik tersimpan, berpotensi jadi gempa besar dengan periode keberulangan lama.

Seperti yang dilansir website resmi LIPI, catatan sejarah gempa bumi terkuat di sesar ini terjadi tahun 1909. Mengutip catatan geolog Belanda, Abendanon, Mudrik menyebut, gempa pada 1909 itu menghancurkan desa-desa di Sulawesi Tengah. Akibat gempa, rumah hancur dan ditinggalkan penghuninya. Bahkan, daun dan buah kelapa muda berjatuhan. Itu menandakan kekuatan gempa. Kemungkinan di atas M 7.

Namun, tradisi tertulis di Nusantara amat kurang karena mayoritas kejadian sebelum era kolonial lebih banyak disampaikan lewat kisah lisan berbentuk mitologi.

“Jalan satu-satunya melacak gempa bumi Sulawesi di masa lalu ialah melalui rekaman geologi atau paleoseismologi,” pungkas Mudrik.

Lanjut dia, Penambahan data itu signifikan, banyak di antaranya berupa identifikasi panjang sesar.

“Bagi riset sesar di Sulawesi, kebanyakan baru tahap mengenali garis sesar di mana. Untuk segmentasi, yang saya lakukan baru Sesar Palu-Koro dan Sesar Matano. Jika sesar lain, baru nama sesar yang kami rapikan, siklusnya awam,” tambah Mudrik.

Jika seismologi mempelajari gempa berdasarkan data gempa yang terekam peralatan, paleoseismologi mempelajari gempa menurut bukti geologi dari proses dan gempa terekam di alam (McCalpin, 1996). Itu dilakukan dengan menggali tanah di sejumlah titik demi mengidentifikasi jejak gempa di masa lalu.