3. Ngabuburit

Rakyat News
Ngabuburit (Ilustrasi)

Kegiatan lain yang juga hanya ada di bulan ramadhan yaitu ngabuburit. Kata yang berasal dari bahasa Sunda ini sesungguhnya memiliki arti menunggu senja. Namun saaat ini penggunaan kata ngabuburit menjadi sangat populer di masyarakat daerah manapun ketika bulan ramadhan, betul tidak? Kegiatan yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas jalan-jalan yang biasa kamu lakukan di bulan lainnya. Tetapi yang membedakan adalah waktu untuk ngabuburit yang sengaja di pas-kan dengan waktu berbuka puasa. Pesertanya juga bisa siapa saja, biasanya komunitas, teman sepermainan, atau keluarga yang sengaja mengahabiskan waktu di luar untuk menunggu magrib.

4. BukBer

Rakyat News
Bukber (Ilustrasi)

Lain pagi lain malam. Kalau pagi kamu disibukan dengan SOTR alias Sahur On The Road, maka ketika sore hari di bulan ramadhan akan banyak undangan untuk melakukan BukBer alias buka bersama. Aktivitas yang satu ini merupakan perlanjutan dari kegiatan ngabuburit. Tujuannya sih sederhana hanya sekadar untuk kumpul-kumpul bareng teman-teman atau keluarga sambil menikmati waktu berbuka puasa. Kegiatan ini bisa dilakukan dimana saja, baik di dalam rumah ataupun di luar rumah. Walaupun saat ini bukber lebih banyak dilakukan di luar rumah seperti masjid, mall, restoran, atau tempat-tempat kongkow lainnya. Jadi jangan kaget kalau kamu ke mall sore hari dan mendapati keriuhan disana.

5. Kolak Jadi Menu Wajib

Rakyat News
Jajanan Kolak (Ilustrasi)

Rasanya belum lengkap kalau berbuka puasa tanpa menu yang satu ini. Yap! Salah satu tanda bahwa bulan ramadhan telah tiba adalah menjamurnya pedagang kolak. Bahkan hampir di setiap bahu jalan yang masing-masing berjarak kurang dari setengah meter terdapat tukang kolak dan herannya semua tukang kolak itu penuh oleh pembeli lho guys! Makanan yang satu ini emang jadi juara banget untuk takjil atau makanan pembuka di bulan puasa. Rasanya yang manis dan isinya yang beragam dianggap sangat cocok untuk mengobati rasa lapar dan dahaga akibat berpuasa seharian. Apalagi berkat kreatifitas pedanga kolak, kini kolak pun menjadi beragam variannya sehingga semakin banyak yang menjadikan kolak sebagai menu utama nomor satu ketika berbuka puasa.