6. Perubahan Jam Kerja

Rakyat News
Ilustrasi foto

Perubahan jam kerja juga menjadi salah satu penanda atau ciri khas di bulan ramadhan. Perubahan pola makan kita akibat berpuasa seringkali membuat kantor menghapuskan jam makan siang dan memajukan jam pulang kantor. Hitungan kerjanya sih sama saja, tetapi kamu kan jadi bisa pulang cepat. Iya ngga sih guys? Selain itu di bulan ramadhan banyak juga kantor yang memberikan sedikit kelonggaran beban kerja kepada karyawannya. Bahkan beberapa lembaga seperti sekolah biasanya meliburkan siswanya pada awal-awal ramadhan. Ini yang disebut berkah ramadhan! Alhamdulillah!

7. Hobi Belanja

Rakyat News
Belanja (Iustrasi)

Saat ramadhan tiba, biasanya mall-mall dan pusat perbelanjaan akan menawarkan big sale alias diskon gede-gedean untuk berbagai produk. Mulai dari pakaian, makanan, alat rumah tangga, sampai perabot elekltronik. Tentunya hal ini akan menjadi godaan terbesar bagi para kaum hawa yang ingin mempercantik diri dan rumahnya menjelang hari kemenangan. Apalagi buat kamu yang bekerja, bulan ini kamu mungkin akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya yang berarti belanja lebih banyak. Hei hei hei, jangan sampai kalap yaa. Ingat bahwa masih banyak kebutuhan yang perlu kamu penuhi menjelang hari kemenangan seperti beramal dan berzakat.

8. Ibadah Berjamaah

Rakyat News
Sholat berjamaah (Ilustrasi)

Hal unik lainnya yang hanya terjadi di bulan ramadhan adalah maraknya orang yang melakukan ibadah secara berjamaah. Kalau ini sih dampak yang sangat positif dan harus terus diterapkan di bulan lain setelah ramadhan. Iya kan? Bener dong? Bulan ramadhan menjadi ladang pahala bagi kaum muslimin, di bulan ini banyak sekali kegiatan yang dapat kamu lakukan dan akan mendatangkan pahala yang berlipat. Salah satunya adalah ibadah shalat tarawih. Karena jam pulang kantor yang lebih cepat, banyak kaum muslimin yang menyempatkan diri untuk shalat tarawih di masjid. Pahalanya tentu berlipat, selain itu kegiatan shalat tarawih ini akan membuat kamu lebih mengenal lingkungan. Sebab ketika kamu melakukan shalat tarawih, kamu akan bertemu dengan tetangga-tetangga lain yang selama ini mungkin hanya berpapasan tanpa saling menegur. Namun sayangnya, kebiasaan yang satu ini seringkali tidak bertahan lama. Entah karena antusiasme yang berkurang atau masyarakatnya yang tambah sibuk menjelang hari raya, kegiatan ibadah berjamaah ini biasanya hanya bertahan satu sampai dua minggu pertama di awal bulan ramadhan.