MAKASSAR – Salah seorang entrepreneur, Muniati sukses dengan usaha hijab yang dirintisnya sejak tahun 2008, yang berlokasi di Jalan Laiya, Makassar. Menurutnya, dalam menjalankan usaha harus mampu menanggapi persaingan usaha dengan kerja pintar.

Baca juga: Kaum Milenial Ciptakan Lapangan Pekerjaan dengan E-Commerce

Usaha yang dirintis kini menghadirkan toko baru dengan nama yang sama yaitu Basmuni Hijab. Toko ini mulai beroperasi pada bulan Oktober tahun 2021.

Toko ini khusus menyediakan hijab wanita yang disuplai dari luar kota seperti Jakarta, Bandung dan bahkan beberapa produk atau model dibuatnya dengan konveksi sendiri.

Saat ini, persaingan usaha utamanya di era digital tak bisa dinafikkan. Para pengusaha harus mampu memahami pasar dengan menghadirkan produk yang berbeda namun memiliki keunggulan.

Hal itu dinilainya perlu untuk dilakukan dengan menghadirkan produk produksi sendiri yang kemudian menjadikan produknya berbeda dari yang dijual orang lain.

“Setiap usaha kan tentu ada persaingannya, cuman kita pintar-pintarnya buat apa yang tidak dijual orang. Kayak saya kan konveksi, otomatis orang lain tidak jual. Kayak mukena, saya buat sendiri, produksi sendiri, biar orang cari di tempat lain tidak ada. Buatnya kita beli alatnya saja. Tidak ada di toko lain kecuali ambil barangnya di sini baru ada,” ucapnya, Jumat (15/4/2022).

Ia menambahkan, ada yang lebih perlu selain berfokus pada persaingan usaha yaitu mengetahui produk apa yang akan dijual selanjutnya.

“Model apa saja yang trend. Itu lagi yang diambil. Sekarang itu, jilbab cepat keluar modelnya, jadi harus update” tambahnya.

Dalam memperoleh keuntungan, kerjasama usaha dilakukan dengan melibatkan pihak lain dalam proses bisnis. Baginya, itu juga dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan para penjual hijab lainnya.