Baca Juga: Ali Mazi Resmi Buka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022

Direncanakan Presiden Joko Widodo juga akan membagi sertipikat untuk 500 kepala keluarga Suku Bajoe, yang sebagian tinggal di atas air. GTRA Summit ini memang lintas sektor dengan KKP. Akan ada MoU antara dua menteri untuk segera memberikan hak tersebut, dan ini akan memberikan kepastian hukum buat Masyarakat Adat.

“Ini juga yang diharapkan presiden. Saat G20 yang kongkret apa buat masyarakat? Ya, inilah tawaran kreatif dari Sultra. Saya bersyukur banget, Gubernur Ali Mazi sangat kuat dukungannya,” kata Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra.

GTRA Summit 2022 akan membahas beberapa persoalan seperti tambang, kehutanan, tata ruang yang diharapkan menemukan solusi yang menjadi dasar kebijakan. Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra menambahkan solusi yang ditemukan nanti dapat diimplementasikan ke seluruh wilayah Indonesia khususnya yang memiliki pokok permasalahan seperti di Sultra.

Baca Juga: Dukung Digitalisasi Transaksi, Ali Mazi Tandatangi MoU Bersama PT Plus

Ditekankan bahwa GTRA Summit 2022 menemukan solusi untuk menyelesaikan kasus tumpang tindih perizinan tanah. Selain itu, Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra menuturkan isu sinkronisasi tata ruang, izin penggunaan kawasan hutan dan hak atas tanah juga didiskusikan secara terbuka pada acara tersebut.