LUWU UTARA – High level meeting Tim pengendalian inflasi daerah Kabupaten Luwu Utara (Lutra) mengenai ketersediaan pasokan kebutuhan masyarakat menjelang hari raya idul Fitri 1443 H, digelar di Ruang Command Center Kabupaten Lutra, pada Senin (25/4/2022).

Baca Juga : Gerak Cepat, Dishub Makassar Gencarkan Ramp Check Jelang Lebaran

Terkait hal tersebut Bupati Lutra, Indah Putri Indriani mengatakan ketersediaan barang pokok harus terpenuhi hingga masa libur panjang.

“Kita harus memastikan pasokan bahan pokok yang cukup bukan hanya pada perayaan idul fitri, tapi juga di libur panjang ini,” katanya.

Adapun tiga hal penting yang menjadi perhatian yakni ketersediaan pasokan, kedua kerterjangkaua harga dan ketiga distribusi, yang dikhawatirkan mengalami lonjakan perminttan menjelang hari raya.

Menurutnya, pengawasan ini sangat penting, agar inflasi tidak terjadi, serta tidak ada masalah pada saat pendistribusian.

“Pengawasan sangat penting agar tidak terjadi inflasi harga, karena ketersediaan dipastikan ada, dan distribusi dipastikan tidak ada kendal,” ucapnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Bulog dan agen tabung gas, stok tersebut dapat mencukupi hingga hari raya.

Ia berharap, para tim teknis dapat mengontrol harga dan ketersediaan stok bahan pokok agar masyarakat dapat bahagia menyambut hari raya.

“Saya berharap setelah rapat ini, tim teknis bisa turun ke lapangan untuk kontrol terutama terkait harga, ketersediaan stok dan semuanya masih terkendali sehingga masyarakat dapat menikmati bulan suci Ramadhan dan bahagia menyambut hari raya idul fitri,” pintanya.

Senada,Sekda, Armiadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan rapat di awal bulan ramadhan untuk melakukan pemantauan harga di pasar tradisional.

Bahkan, kondisi pasar tradisional kini Mulai dipadati pengunjung, yang menunjukkan bahwa daya beli masyarakat meningkat jelang idul fitri.

“Untuk saat ini saya kira di pasar keliharannya sudar ramai sekali. Ini menunjukkan bahwa daya beli masyarakat kita semakin meningkat menjelang perayaan hari raya idul fitri,” ucapnya.

Dalam satu minggu kedepan, ketersediaan bahan pokok diwaspadai karena kebutuhan masyarakat yang juga meningkat,

“Terus perhatikan stok kebutuhan pokok kita, karena itu semua akan mempengaruhi kestabilan harga,” pungkasnya.

Turut Hadir Ketua DPRD luwu Utara, perwira penghubung kodim 1403 Palopo, Wakapolres Luwu Utara, Asisten Ekonomi pembangunan, Kepala Bappelitbangda, kepala BPKAD, kepala Dinas Perikanan.