BULUKUMBA – Betul-Betul merakyat Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf – Andi Edy Manaf buka puasa bersama dengan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulukumba, Senin ( 25/4/2022).

Baca juga: Hadiri Peresmian Kantor DPD Bulukumba, Andi Utta: PKS Adalah Partai Besar

 

Bupati yang akrab disapa, Andi Utta dalam sambutannya jelang berbuka puasa, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi yang penting untuk terus dipelihara dan ditingkatkan.

Sebab, tujuannya akan terbangun rasa kebersamaan, empati dan kepedulian pemerintah daerah dengan warga binaan Lapas.

“Saudara-saudaraku semua, jangan pernah merasa jauh dengan kita. Saudara-saudara tidak dibuang atau dicampakkan. Tapi kita akan mengawal dan melakukan pembinaan,” katanya.

Menurut dia, setelah melewati proses pembinaan, warga binaan akan kembali ke masyarakat menjadi manusia lebih baik, menyadari kesalahan dan kekhilafan yang telah diperbuat.

“Buka puasa bersama ini, sebagai wujud perhatian pemerintah kepada warga binaan untuk saling berbagi dan saling percaya bahwa kita dapat menjalani kehidupan yang lebih baik di masa mendatang,” ungkapnya.

Olehnya itu, warga binaan harus yakin dan percaya bahwa proses ini hanya persoalan waktu dalam menjalani hukuman, sehingga warga binaan harus tetap optimis untuk menjalani proses ini sampai nantinya kembali berkumpul dengan keluarga dan masyarakat.

Andi Utta menuturkan, tujuan pembinaan dari Lapas agar warga binaan dapat menemukan kembali kepercayaan dirinya, serta dapat diterima oleh keluarga dan masyarakat.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Lapas, yang telah bekerja membina, serta memberikan life skill atau keterampilan kepada warga binaan,” imbuhnya.

Kalapas Kelas IIA Bulukumba, Mut Zaini mengungkapkan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan atas kehadiran Bupati-Wakil bupati meluangkan waktu untuk berbuka puasa bersama dengan warga binaan.