“Menurut Bennett, ada empat nilai inti atau core values dari pendidikan multikultural. Pertama, apresiasi terhadap multikultural. Kedua, pengakuan terhadap harkat manusia dan hak asasi manusia. Ketiga, pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia. Dan keempat, pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi.”

“Bangsa Indonesia harus tetap menguatkan integrasi kebangsaan dan melakukan konsolidasi demokrasi berdasarkan pada potensi keragaman yang dimiliki warga bangsanya, salah satunya dengan menyatukan para kalangan muda dan intelektual.”

“Karena dengan tinggal bersama dan berbaurnya para mahasiswa dari berbagai daerah ini, diharapkan bisa memunculkan rasa saling menghargai perbedaan, serta memiliki jiwa nasionalisme yang kuat. Keberagaman suku, bahasa serta adat istiadat masing-masing mahasiswa daerah, akan memunculkan rasa tepo seliro, hormat dan rasa saling percaya.”

“Kesuksesan dalam pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara nampaknya didukung penuh oleh keseriusan Pemerintah Pusat maupun Pemprov, dalam hal ini ditunjukkan dengan kesiapan lahan dan anggaran yang memang sudah direncanakan untuk pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara.

Staf Khusus Presiden sekaligus Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua, Lenis Kogoya, sebelumnya menyatakan mendukung terobosan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara. Lenis juga mengatakan bahwa nantinya akan memiliki kekhususan bagi mahasiswa dari daerah tertinggal seperti Papua.”

“Menurutnya, jika nanti jadi dibangun, maka Asrama Nusantara harus memiliki kriteria khusus yang disiapkan dan programnya harus melengkapi kebutuhan di dalamnya. Nantinya di asrama itu juga akan dilengkapi dengan beasiswa. Anak-anak di situ juga akan mendapatkan teknik-teknik khusus seperti pelatihan dan lainnya. Harapannya nanti ada semacam kartu non-tunai, sehingga bisa ambil beras, gula dan lain-lain,”tutur Lenis.

Melihat konsep yang ditawarkan dari Asrama Mahasiswa Nusantara ini, tentu sangat mendukung upaya pemerintah dalam merawat kebhinekaan, sehingga tidak ada lagi pengelompokan Suku,Ras,Agama maupun Budaya dimasyarakat khususnya kalangan mahasiswa. Sehingga akan tertanam nilai multikultural serta komitmen kapada NKRI.