LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 berpesan bahwa generasi muda sekarang harus berperan besar untuk mewujudkan kemerdekaan belajar karena Indonesia adalah bangsa yang kuat sehingga bukan sekadar pembelajaran aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan, tetapi juga penguasaan kompetensi dan literasi digital, Minggu (15/4/2022).

 

Baca Juga : Alumni Unanda Lutra Siap Meriahkan Reuni Akbar

Ia mengatakan, era pendidikan saat ini telah bergerak kearah kemerdekaan belajar yang dimana sistem pembelajaran didesak untuk akrab dengan tekonologi agar terwujudnya kegiatan belajar yang sesuai dengan masa saat ini.

“Sebagaimana yang kita rasakan bahwa era pendidikan sudah bergerak menuju arah kemerdekaan belajar, di mana pembelajaran didesak untuk lebih akrab dengan teknologi untuk mewujudkan kegiatan belajar yang sesuai kebutuhan zaman,” jelasnya.

Lanjut, dulu pembelajaran berfokus pada pencapaian kompetensi, hingga penguasaan materi dan ketuntasan kurikulum, tapi di era Merdeka Belajar saat ini akan bergeser kearah pemenuhan kebutuhan pelajar.

“jika dulu pembelajaran fokus pada pencapaian kompetensi, penguasaan materi dan ketuntasan kurikulum, maka di era Merdeka Belajar, arah pembelajaran bergeser pada pemenuhan  kebutuhan siswa demi kemudahan penggapaian cita-cita,”.