LUTRA – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Toraja Utara melakukan kunjungan Studi Tiru ke Kabupaten Luwu Utara dalam rangka mempelajari tentang implementasi penerapan sertifikat elektronik untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE), Sabtu (21/5/2022).

 

Baca Juga : Boyong 2 Medali Emas Sea Games Vietnam, Bupati Lutra Sambut Sulpianto

Selain itu, mereka juga belajar tentang pelaksanaan edukasi dan literasi keamanan siber dan keamanan media, serta belajar pengembangan Jaringan Komunikasi Sandi (JKS).

Kadis Kominfo Toraja Utara, Johny Parubak, mengatakan, pihaknya tak salah memilih Luwu Utara sebagai lokasi Study Tiru karena dianggap telah cukup berhasil dalam penerapan TTE.

“Kami ke sini karena Luwu Utara sudah cukup maju di sektor elektronik, utamanya penerapan TTE,” kata Johny.

Ia juga menyebut Luwu Utara sebagai tempat pembelajaran terbaik mengenai penerapan sertifikat elektronik untuk TTE.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan bahwa penerapan TTE adalah cara sederhana untuk masuk ke dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik karena dengan adanya penerapan hal tersebut dapat membantu dalam menjaga keamanan database serta berguna untuk menghindari adanya pemalsuan.

“Ini adalah cara sederhana dalam menerapkan SPBE, karena suka tidak suka, siap tidak siap, kita akan masuk ke sana, sistem pemerintahan berbasis digital karena TTE sangat membantu menjaga keamanan data pribadi dan untuk menghindari fraud, seperti tanda tangan dipalsukan, dan membantu kelancaran persuratan,” terangnya.